IKNNasional

OIKN Ungkap Investasi Swasta di IKN Capai Rp 60 Triliun

Presiden Joko Widodo meninjau langsung lokasi Istana Kepresidenan di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, pada Kamis, 23 Februari 2023. (Foto: BPMI Setpres)

Editorialkaltim.com – Deputi Sosial Budaya Pemberdayaan Masyarakat Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN), Alimudin, mengungkapkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) berjalan bertahap dengan dukungan investasi swasta yang signifikan. Menurutnya, hingga kini investasi yang tercatat hampir mencapai Rp 60 triliun.

Pernyataan tersebut disampaikan Alimudin dalam sambutannya pada ASN Festival 2024 yang diadakan di Jakarta, Sabtu (3/8/2024).

Baca  Wajib Tahu! Cara Beli dan Membubuhkan e-Meterai untuk Pelamar CPNS 2024

“Investasi dari swasta itu hampir Rp60 triliun. Jangan banyak lihat yang hoaks-hoaks bahwa ini akan mangkrak, ini pembangunan tidak ada, investasi tidak ada. Jadi semua itu saya pastikan tidak benar,” jelasnya.

Lebih lanjut, Alimudin menekankan tahap awal pembangunan IKN sampai tahun 2024 difokuskan pada penyelesaian prasarana dasar seperti air minum, jalan tol, pusat perbelanjaan, dan fasilitas umum termasuk rumah sakit dan institusi pendidikan.

Baca  Ma'ruf Amin Instruksikan Pansel Seleksi Pimpinan KPK yang Berintegritas untuk Perangi Korupsi

Dia juga menambahkan bahwa investasi swasta mencakup berbagai sektor.

“Investasi swasta yang terlibat di antaranya pembangunan hotel, perumahan, mal, dan lain-lain termasuk sekolah,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Alimudin juga mengindikasikan peletakan batu pertama (groundbreaking) untuk beberapa proyek akan segera dilakukan, dengan keterlibatan beberapa lembaga perbankan.

“Mengenai proyek ini, penting bagi saya untuk menyampaikan bahwa pembangunan IKN tidak ditargetkan selesai dalam tahun ini saja, namun yang ditekankan adalah penyelesaian infrastruktur dasar,” tutup Alimudin. (ndi)

Baca  Pasangan Anies-Ahok di Pilkada DKI 2024 Dinilai Berat, Ini Analisis Pengamat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button