Kukar

Sediakan 430 Jenis Layanan Publik, MPP Kukar Ramai Dikunjungi Masyarakat 

Kepala Dinas DPMPTSP Kukar, Bambang Arwanto. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang dinaungi oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Terkini, MPP telah memili 430 jenja layanan dari 28 entitas pelayan publik yang juga berpartisipasi dengan ikut berkantor di MPP. 

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas DPMPTSP Kukar, Bambang Arwanto, saat ini banyak pelayanan yang sudah bisa di akses langsung oleh masyarakat di MPP. Seperti layanan pajak, imigrasi, pembuatan paspor, notaris, kesehatan, kantor pos, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, perbankan, layanan usaha, pembuatan KTP, pendaftaran nikah, hingga penyediaan wadah melangsungkan akad nikah. 

Baca  Ketua TP-PKK Tingkat Kecamatan Resmi Dilantik 

Sejak dibuka Februari lalu, Bambang menyebutkan, masyarakat yang ingin mengurus administrasi terus mengalami peningkatan. Yang awalnya hanya puluhan orang yang datang. Sekarang bisa mencapai 400an orang per harinya. 

“Ratusan per hari untuk semua layanan. Layanan paling banyak diakses adalah pajak, imigrasi, Samsat, dan Dukcapil,” ujar Bambang. 

Sedangkan untuk Indeks kepuasan publik terhadap MPP telah mencapai 93,11 persen dengan delapan variabel yang dapat dipenuhi dengan sangat baik, kategori A+. Sebab, pengunjung yang telah mendapat pelayanan publik akan diberikan kuesioner sebagai umpan balik layanan yang diberikan. 

Baca  Tingkatkan Kualitas Data Desa, Diskominfo Kukar Gelar Workshop Statistik

“Bahkan beberapa camat juga meminta agar kami melakukan sosialisasi di kecamatan sehingga masyarakat mengetahui bahwa MPP sudah membuka pelayanan publik yang lengkap.  Dan ini akan dilakukan secara bertahap,” pungkasnya. 

“Beberapa camat juga sudah meminta agar kami melakukan sosialisasi di kecamatan agar masyarakat tahu bahwa MPP sudah membuka layanan publik yang lengkap. Ini akan kita lakukan bertahap, karena warga kecamatan masih banyak yang belum mengetahui,” jelasnya. 

Baca  Pemkab Kukar Bersiap Gelar MTQ Ke-44

Kedepannya, pihaknya akan mengubah MPP menjadi digital secara keseluruhan, terfokus untuk layanan kesehatan. Bambang mengatakan, bakal segera mencoba teknologi yang sedang ramai diperbincangkan banyak masyarakat dunia yaitu dengan menggunakan teknologi metaverse.

[TRI | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltim kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button