Kukar

Diskominfo Kukar Umumkan Indeks Harga Konsumen dan Inflasi Maret 2023

Kadis Kominfo Kabupaten Kutai Kartanegara, Dafip Haryanto. (istimewa).

Editorialkaltim.com – Kadis Kominfo Kabupaten Kutai Kartanegara, Dafip Haryanto, merilis laporan Indeks Harga Konsumen (IHK) dan inflasi Kabupaten Kutai Kartanegara Bulan Maret 2023. Laporan ini dikeluarkan setiap bulan dan bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi perekonomian.

“IHK dan Inflasi adalah indikator penting Pembangunan Ekonomi Daerah,” jelas Haryanto.

Laporan ini berisikan rangkuman dan data informasi tentang IHK dan inflasi yang terjadi di Kutai Kartanegara pada bulan Maret 2023. Diharapkan laporan ini bisa digunakan sebagai bahan evaluasi kebijakan ekonomi yang telah diambil oleh pemerintah, swasta, dan pemegang otoritas moneter seperti Bank Indonesia.

Baca  Semangat Gotong Royong BBGRM dengan Taruna Latsitarda Nusantara di Kukar

Dalam penyusunan laporan ini, Diskominfo Kukar bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Kutai Kartanegara. Kerjasama ini diperlukan mengingat banyaknya indikator dan variabel yang diperlukan dalam perhitungan inflasi.

“Laporan ini mendukung Program Nasional Satu Data Indonesia,” ungkap Haryanto.

Dafip Haryanto menambahkan, Program Nasional Satu Data Indonesia merupakan kebijakan Pemerintah Indonesia untuk mendukung proses pengambilan keputusan berbasis data. Tujuannya adalah menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, data tersebut harus mudah diakses dan dibagi antara instansi Pusat dan Daerah. (lin/adv)

Related Articles

Back to top button