Samarinda

Soroti Rencana Pembangunan Skytrain, Laila: Aspek Kebutuhan Masyarakat Perlu Dipertimbangkan

Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Laila Fatihah (Isstimewa).

Editorialkaltim.com – Salah satu program unggulan di masa kepemimpinan Wali Kota Samarinda, Andi Harun dan Wakil Wali Kota, Rusmadi, adalah pemenuhan transportasi berbasis modern. Tak heran sejak tahun lalu Pemkot Samarinda tengah berencana untuk membangun Skytrain atau kereta layang.

Berdasarkan rute yang dihendaki nantinya akan melintas dari GOR Sempaha menuju Bandara APT Pranoto. Sehingga pembangunan berbasis monorail ini diharapkan bisa mempermudah akses masyarakat saat hendak berpergian, terlebih selama ini sering terhambat akibat banjir.

Rencana ini pun sepenuhnya didukung oleh Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Laila Fatihah lantaran selama ini memang belum pernah ada pembangunan transportasi berbasis modern. Hanya saja menurutnya aspek kebutuhan dari masyarakat juga perlu dipertimbangkan. Mengingat selama ini masih banyak tuntutan masyarakat yang perlu menjadi perhatian serius dari Pemkot Samarinda.

Baca  Samri Minta Pembentukan UPTD Khusus untuk Atasi Lubang di Jalan

“Kita perlu melihat seberapa persen sih masyarakat membutuhan pembangunan skytrain ini,” pinta Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Memang benar ada pembangunan transportasi ini mendukung Samarinda sebagai kota penyangga Ibu Kota Negara (IKN). Sehingga diperlukan moda transportasi yang bisa menjawab tantangan, saat terjadi serbuan penduduk. Sebab hingga saat ini Samarinda belum bisa bebas dari permasalahan kemacetan.

Baca  Gelar Reses, Laila Prioritaskan Aspirasi Masyarakat

Diketahui untuk membangun skytrain ini, Pemkot Samarinda masih memikirkan skema apa yang akan dipakai. Berdasarkan perbincangan tahun ini, akan diupayakan menggunakan skema Kerja Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Namun berdasarkan perencanaan saat ini, dari Pemkot Samarinda masih harus mensinkronkan perencanaan ini dengan pihak Bandara APT Pranoto dengan perencanaan pusat yang nantinya juga akan membuat transportasi melintasi daerah-daerah IKN.

Baca  Soroti LKPJ Wali Kota Samarinda, Nursobah Minta Pemkot Segera Tangani 48.000 Warga Miskin

“Ya kalau idenya beliau (Andi Harun) sudah betul, karena ini untuk mendukung pembangunan transportasi yang visioner, namun kita perlu melihat lagi apakah yang dibutuhkan masyarakat ini memang harus membangun skytrain,” demikian Laila.

[NFA-1]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltim kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button