Samarinda

Tak Perlu Khawatir Ketinggalan, Komisi I DPRD Samarinda Dukung Pencetakan KTP Digital

Editorialkaltim.com – Kemajuan teknologi diharapkan bisa mempermudah segala urusan masyarakat. Tak heran, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mulai memberlakukan KTP Digital atau Identitas Kependudukan Digital (IKD) sebagai pengganti e-KTP.

Terobosan ini pun mulai disosialisasikan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Samarinda. Termasuk dalam agenda hearing bersama Komisi I bertajuk Program terbaru Capil “ Scand Barcod untuk IKD (Identitas Kependudukan Digital), di ruang utama DPRD Samarinda, Senin (20/2/2023).

Baca  Lakukan Sidak Bapokting Rusmadi Pastikan Ketersediaan Tabung Gas LPG Aman Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H Di Kota Samarinda

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi I Joha Fajal mengatakan, sistem ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat. Termasuk di depan media, ia meminta pemberlakukan KTP digital ini bisa disebarkan seluas-luasnya kepada publik.

“Karena kami sebagai mitra media dan kami juga sebagai mitra capil, diharapkan kami sama-sama bisa mensosialisaikan ini kepada masyarakat,” ujar Joha.

Politikus Partai NasDem ini mengakui bahwa dengan adanya KTP digital ini bisa meringkas segala urusan. Terlebih setiap aktivitas tak pernah lepas dari gadget, sehingga terobosan ini sudah seharusnya diketahui oleh masyarakat.

Baca  Rencana DPRD Samarinda untuk Regulasi Baru Rumah Kost dan Hotel Melati

“Karena biasanya kita lebih mudah mengingat membawa handphone, daripada membawa KTP kadang-kadang suka lupa,” terang Joha.

Dia pun memastikan dari Komisi I juga siap menggencarkan sosialisasi aplikasi IKD ini yang bisa diunduh melalui Playstore, bagi pengguna andorid. Terlebih setiap dewan memiliki kesempatan untuk melakukan reses tiga kali dalam setiap tahun, termasuk dalam momen sosialisasi rancangan peraturan daerah.

Baca  Afif Ingatkan Pentingnya Menjaga Kondusifitas Sesama Umat Beragama Menjelang Bulan Puasa

“Termasuk dalam kesempatan seperti ini, bisa juga kami sosialisasikan karena dengan adanya KTP digital ini lebih mudah kemana-mana dan harapannya program ini bisa dijalankan dengan baik,” tutup Joha.

[NFA-1]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button