Samarinda

Samarinda Raih Penghargaan Adipura, Andi Harun: Kita Bisa Lebih dari Itu

Wali Kota Samarinda, Andi Harun. (Humas Pemkot).

Editorialkaltim.com – Samarinda berhasil menerima sertifikat Adipura untuk kategori kota besar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan (KLHK). Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Samarinda, Boy Leonardo Sianipar mewakili Wali Kota menerima penghargaan tersebut.

Penyerahan penghargaan Adipura dilakukan di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (28/2/2023). Diketahui, ada tiga tingkatan dalam penghargaan adipura, dimulai dengan Sertifikat Adipura, Piala Adipura dan yang ketiga adalah kategori utama (advanced) menerima Adipura Kencana.

Baca  Kebijakan Pemerintah Harus Memenuhi Kebutuhan Anak

Penghargaan yang diterima Pemkot menandakan bahwa kinerja pengelolaan sampah di Samarinda meningkat signifikan. Penghargaan tersebut kembali diterima Kota Tepian setelah 10 tahun, sejak 2013 lalu.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun mengatakan, fokus adalah kunci utama dari pencapaian kepemimpinannya. Dia mendedikasikan penghargaan tersebut kepada seluruh masyarakat Kota Tepian.

“Alhamdulillah upaya Pemkot dalam menciptakan lingkungan yang bersih selama ini akhirnya membuahkan hasil,” ucap Andi Harun saat ditemui di Balaikota Samarinda, Rabu (1/3/2023).

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Samarinda, Boy Leonardo Sianipar menerima penghargaan Adipura dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (28/2/2023). (Istimewa).

“Dan apabila dalam tahun-tahun ini dan yang akan datang partisipasi masyarakat kesadaran dunia usaha juga memberi perhatian yang besar kepada tata kota dan khususnya kebersihan, maka pasti kita akan mengalami peningkatan lagi,” sambungnya.

Baca  Oknum SPBU di Samarinda Diduga Terlibat dalam Pengetapan BBM Bersubsidi

Tidak ingin puas dengan pencapaian tersebut, Andi Harun mengaku, masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan dalam penanggulangan sampah dan kebersihan lingkungan di Samarinda.

“Kami belum puas di tahap ini karena kami masih bisa mencapai level yang lebih tinggi lagi,” ungkapnya.

Dia membeberkan, di 2023 ada banyak program yang akan dilakukan Pemkot. Mulai dari gotong royong di tiap kelurahan, bedah rumah hingga pembangunan MCK di beberapa titik.

Baca  Angkasa Minta Penertiban Bangunan Liar Gunakan Cara Humanis

“Seperti misalnya kami mulai tahun ini lebih dari 100 rumah. Kami lakukan bedah rumah agar mendukung faktor kebersihan dan tata lingkungan,” pungkasnya.

[NS | NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button