Kukar

Diskominfo Kukar Bertekad Meningkatkan Kompetensi di Era Digital Melalui Workshop Jabatan Fungsional

Lima pegawai pranata komputer dari Dinas Kominfo Kutai Kartanegara (Diskominfo Kukar) aktif berpartisipasi dalam Workshop Jabatan Fungsional Pranata Komputer. (istimewa).

Editorialkaltim.com – Lima pegawai pranata komputer dari Dinas Kominfo Kutai Kartanegara (Diskominfo Kukar) aktif berpartisipasi dalam Workshop Jabatan Fungsional Pranata Komputer. Acara ini diselenggarakan di Hotel Jatra, Kota Balikpapan, Rabu (1/3/2023).

Workshop ini diinisiasi oleh Diskominfo Provinsi Kalimantan Timur dan membahas implementasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPan RB) No 1 Tahun 2023. Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang SDA Perekonomian dan Kesra, Cristianus Benny, memimpin acara pembukaan, didampingi oleh Kepala Diskominfo Provinsi Kaltim, Muhammad Faisal. “Workshop ini menempatkan Pranata Komputer di posisi penting dalam transformasi digital Pemerintah Pusat,” ujar Cristianus.

Baca  Sambut Peserta KKN Poltekkes Kaltim, Pemkab Kukar Sediakan 32 Puskesmas

Dalam kegiatan ini, sejumlah narasumber berbagi pengetahuan dan pengalaman, termasuk Direktur Jabatan ASN Badan Kepegawaian Negara RI, Sri Gantini yang hadir melalui pertemuan zoom, Prakom Ahli Madya BPS Prov Kaltim Khairil Anwar, dan Ketua Tim Penilai JP Prakom Normalina, serta tim penilai JF Prakom dan JF Prakom se-Kaltim.

Cristianus Benny memberikan apresiasi kepada Pranata Komputer Kaltim yang telah menciptakan berbagai inovasi menuju era digitalisasi. “Semoga workshop ini dapat meningkatkan kompetensi Prakom Kaltim dan meningkatkan pelayanan publik terkait teknologi informasi di daerah,” ungkap Cristianus.

Baca  Bantu Warga, Wagub Rendi Bantuan Serahkan 140 Ton Bibit Rumput Laut 

Sri Gantini, Direktur Jabatan ASN Badan Kepegawaian Negara RI, menekankan bahwa Jabatan Fungsional Pranata Komputer memiliki tugas dan wewenang spesifik dalam menjalankan kegiatan sistem teknologi informasi berbasis komputer. “Tugas utama Prakom adalah merencanakan, menganalisis, merancang, mengimplementasikan, dan mengembangkan produk atau pengoperasian sistem informasi berbasis komputer,” kata Sri Gantini.

Tim penilai yang hadir dalam workshop tersebut menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan awal dari pembinaan terhadap Jabatan Fungsional Pranata Komputer di Kaltim. Tujuannya adalah untuk memahami prosedur pengumpulan data dan cara mengisi serta menghitung kredit poin untuk penilaian.

Baca  Hibah Rp4,5 Miliar untuk Renovasi Gedung Bawaslu Kukar

Fedlandy Yulian, Prakom Diskominfo Kukar, berharap bahwa workshop ini akan mendorong peningkatan kompetensi dan kontribusi para Pranata Komputer di era digital saat ini. “Workshop ini sangat penting untuk mempersiapkan kita menghadapi era digital,” kata Fedlandy.

[LIN | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button