Samarinda

Citra Niaga Didorong Jadi Kawasan Pedestrian, Shania: Penerapan Harus Bertahap

Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Shania Rizky Amalia. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Mulai tahun ini Pemkot Samarinda akan melakukan revitalisasi di kawasan belanja Citra Niaga. Lantaran membutuhkan anggaran besar, sehingga pengerjaannya dilakukan secara bertahap oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Samarinda. 

Berdasarkan perencanaan, tahun Jalan Citra Niaga Utara yang menjadi segmen pertama yang akan dibenahi, bakal diarahkan menjadi kawasan pedestrian atau untuk pejalan kaki. Rencana ini pun mendapat atensi dari Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Shania Rizky Amalia. 

Baca  Wakil Ketua Komisi IV DPRD Samarinda Keluhkan Minimnya Anggaran DP2PA

Menurutnya rencana ini memang bagus, lantaran Pemkot Samarinda berniat untuk menata ulang kawasan belanja yang menjadi ikon kota itu. Namun untuk membiasakan masyarakat berjalan kaki di kawasan Citra Niaga, tak semudah membalikkan telapak tangan. 

“Karena kebiasaan masyarakat maunya yang dekat, jangan sampai kawasan itu jadi sepi,” ungkap Shania. 

Politikus Partai Demokrat ini mengaku untuk membiasakan masyarakat berjalan kaki di tempat belanja di luar ruangan, harus dilakukan secara bertahap. Perencanaan ini harus dikoordinasikan juga dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda

Baca  Pernikahan Dini di Samarinda Dinilai Jadi Ancaman Nyata Generasi Muda

“Kalau bisa dishub mengarahkan agar parkirnya juga tidak terlalu jauh, mungkin jaraknya mulai 20-50 meter” terangnya. 

Selain itu yang tak kalah penting bagi Shania adalah pengaturan terhadap parkir di kawasan itu juga perlu disiapkan juru parkir (jukir) resmi. Jangan sampai setelah dilakukan revitalisasi, membuat jukir liar menjamur. 

“Parkirnya harus ditata agar dari kawasan ini juga ada PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang masuk dari jukir resmi,” demikian Shania.

Baca  Dukung Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat, Deni Soroti Pengelolaan Aset Lahan Pemerintah 

[NFA-1 | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button