Samarinda

Gelar Sosialisasi Raperda, Shania Dorong Partisipasi UMKM

Sosperda Anggota DPRD Samarinda, Shania Rizky Amalia.(qon/editorialkaltim.com).

Editorialkaltim.com – Rancangan Perda (Raperda) tentang Perlindungan dan Pendistribusian Produk Lokal UMKM Ke Pasar Modern terus digodok oleh Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Samarinda.

Sebagai bentuk penyebarluasan ke masyarakat anggota Pansus II, Shania Rizky Amalia melakukan sosialisasi Raperda di Jalan Eri Suparjan, RT 12,Kel. Sempaja Selatan, Kec. Samarinda Utara, Samarinda.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh oleh Ketua RT 12, segenap masyarakat dan anak anak muda yang tertatik membuka usaha di Kelurahan Sempaja Selatan. Audiens sangat antusias untuk mendengar dan mencari tahu tentang peraturan yang akan melindungi pelaku UMKM dan pendistribusian produk yang lebih luas.

Baca  Soroti Kurangnya Dampak Program Perencanaan, Rohim Minta Evaluasi Menyeluruh

Shania menyampaikan, sosialisasi raperda ini bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk hukum, atau payung hukum agar pelaku UMKM dapat terlindungi ketika memasukan usaha-usaha mereka ke pasar modern.

“Dengan adanya sosialisasi ini saya berharap masyarakat bisa tahu kalau misalnya kita di DPRD Samarinda memberikan perhatian lebih untuk pelaku UMKM agar bisa terus menyambung hidup,” jelasnya pada, Selasa (30/05/2023).

Foto bersama warga. (qon/editorialkaltim.com).

Dirinya menyadari sejauh ini belum maksimalnya edukasi yang diberikan oleh Dinas Koperasi dan UKM terkait sosialisasi pengurusan administrasi izin usaha. Hal tersebut, membuat masyarakat bingung untuk mengelola, atau mengembangkan produk-produk yang bisa menjadi potensi sebagai ciri khas Kota Samarinda.

Baca  Ribuan Masyarakat Samarinda Lantunkan Sholawat bersama Gus Iqdam

Selanjutnya, dirinya juga menyoroti Program Bertuah yaitu sistem peminjaman modal yang diberikan Pemerintah Kota Samarinda bagi para pelaku UMKM. Bagi Shania, keluhan-keluhan masyarakat masih banyak mengenai program tersebut.

“Sebenarnya, sosialisasinya yang belum terlalu meluas menurut saya. Jadi informasinya hanya melalui kami saja. Saat sosialisasi tadi masih ada yang belum tau program ini,” jelasnya.

Baca  Subandi Dukung Pemindahan Pelabuhan ke Palaran Demi Kemajuan Samarinda

Politisi Demokrat ini menyatakan sikapnya untuk siap memfasilitasi dan mengawal masyarakat apabila terkendala dalam membangun UMKM.

“Kami bersama pemerintah siap memfasilitasi dan mengawal agar masyarakat lebih siap bersaing dengan produk – produk luar ataupun dengan produk yang sudah ada di pasaran,” tutupnya. 

[QON | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button