EditorialKukar

Pemkab Kukar Siapkan Rp300 Miliar Benahi Fasilitas Pendidikan di 20 Kecamatan

Ilustrasi kelas. (foto: freepik).

Editorialkaltim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartenegara (Kukar) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menganggarkan Rp300 Miliar untuk merehab dan membangun sarana dan prasarana pendidikan. Anggaran ini dari total alokasi anggaran yang didapatkan Disdikbud sebesar Rp1,5 triliun.

Nilai tersebut, digunakan untuk perbaikan sekolah dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mulai dari rehabilitasi ringan, sedang dan berat untuk ratusan sekolah di 20 kecamatan se-Kukar. Selain itu, anggaran ini juga dialokasikan untuk pembangunan gedung baru sebagai penujang proses belajar mengajar.

Baca  Dapat Tawaran Latih Negara Lain, Shin Tae-yong: Tidak di Asean Lagi

“Kami juga akan menyediakan sarana dan prasarana di bidang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), komputer dan laptop, serta pengadaan meubelair. Jumlahnya (unit sekolah) tidak hapal, ada sekitar 100 unit,” ujar Kepala Disdikbud Kukar, Thauhid Aprilian Noor, dikutip dari laman resmi Pemkab Kukar, Rabu (8/2/2023).

Selain itu, dana tersebut juga akan digunakan untuk penganggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), yang terbagi dalam BOS Kabupaten (BOSKab) dan BOS Nasional (BOSNas).

Baca  Safari Ramadhan Wabup Rendi Solihin di Desa Pela, Pesut Mahakam Menyambut

Dia juga memaparkan, sebesar Rp900 miliar akan digunakan untuk kebutuhan gaji Aparatur Sipil Negera (ASN), guru yang berstatus PNS dan guru yang berstatus tenaga honorer.

“Dari anggaran sebesar Rp1,5 triliun itu, merupakan mandatory spending untuk dana Pendidikan sebesar 20 persen,” tutup Thauhid.

[NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button