Nasional

KPK Minta Tambahan Anggaran Rp294 Miliar Agar Bisa Tiru China Berantas Korupsi

Ketua KPK, Firli Bahuri. (kpk.go.id).

Editorialkaltim.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri mengusulkan adanya penambahan anggaran sebesar Rp249 miliar pada 2024 mendatang. Upaya ini ditujukan untuk memperkuat program prioritas nasional yang telah dilakukan KPK.

Salah satu program prioritas dan unggulan yang dimaksud, yaitu menertibkan partai politik. Menurut Firli, program tersebut berkaca dari kesuksesan negara lain dalam memberantas praktik korupsi. Salah satunya, saat KPK bertemu dengan pihak lembaga korupsi China, NCCTI beberapa waktu lalu.

Baca  Wapres Ma'ruf Amin: IKN Jadi Pionir Transportasi Cerdas, Kota Lain Segera Menyusul

“Sepuluh tahun mereka bebaskan negaranya dari praktik-praktik korupsi. Apa yang mereka kerjakan? menertibkan partai politik, menertibkan penyelenggara negara, menertibkan BUMN,” ujar Firli saat rapat dengan DPR RI, dikutip Sabtu (10/6/2023).

Dia mengatakan, KPK ingin mengajak seluruh anggota legislatif, calon kepala daerah dari 546 daerah baik provinsi, kota dan kabupaten untuk mengikuti pendidikan antikorupsi. Program edukatif ini akan menjadi salah satu program unggulan KPK.

Baca  Cegah Politik Transaksional, Junimart Desak Seleksi Terbuka untuk Petugas Adhoc Pilkada 2024

“Program unggulan lain dari KPK adalah PAKU integritas serta desa antikorupsi. Kami sudah menggarap 22 desa antikorupsi di tahun ini. Harapannya dapat menggarap 50 desa antikorupsi di tahun depan,” jelasnya.

Selain itu, Firli juga mengungkapkan, KPK telah memiliki program yang dikhususkan untuk kabupaten/kota dan program penyuluhan antikorupsi (paksi) serta ahli pembangun integritas (api). Pihaknya juga akan meneruskan program jelajah negeri bangun antikorupsi dan Anticorruption Film Festival (Acffest).

Baca  Hakim Menangkan Gugatan Partai Prima, Perintahkan Pemilu 2024 Ditunda

“Program unggulan KPK yang terakhir adalah Anti Corruption Summit (ACS) 2024,” ungkap Firli. (nfa)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button