EditorialSamarinda

Kopka Azmiadi Naik Pangkat Usai Aksinya Gadai Motor Uraikan Macet 15 Jam di Samarinda

Kopka Azmiadi (kanan) saat menerima kenaikan pangkat menjadi Sersan Dua di Markas Besar Angkatan Darat dari KSAD Jendral Dudung di Jakarta, Selasa (24/1/2023). (sumber: TNI AD).

Editorialkaltim.com – Kisah Kopral Kepala (Kopka) Azmiadi viral di media sosial. Dia spontan menggadaikan motor untuk menyewa ekskavator dan mengevakuasi truk demi mengurai kemacetan belasan jam di Jalan Otto Iskandardinata, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Anggota Babinsa Koramil 02/Sungai Pinang Kodim 0901/Samarinda tersebut kemudian berhasil mengurai kemacetan yang diakibatkan truk trailer bermuatan mesin seberat 20 ton melintang di jalan selama 15 jam.

Azmiadi diketahui menggadaikan motor untuk mendatangkan ekskavator dengan biaya Rp22 juta. Truk berpelat nomor N-8354-RE tersebut menyebabkan kemacetan karena tak kuat menanjak pada Rabu (18/1/2023).

Baca  Jenderal Agus Subiyanto Resmi jadi Panglima TNI, Gantikan Laksamana Yudo Margono

“Saya berinisiatif, kalau saya memang saya salah saya mohon maaf. Tapi semata-mata ini untuk kebaikan pak, untuk keselamatan orang banyak,” tutur Azmiadi saat akan mengevakuasi truk trailer, Rabu,(18/1/2023).

Atas jasanya tersebut Kopka Aziadi mendapatkan kenaikan pangkat menjadi sersan dua (Serda) di Markas Besar Angkatan Darat oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kamis (19/1/2023) pekan lalu.

Baca  Ketua Bapemperda Samarinda Beberkan Alasan Tahan Pengesahan Perda RTRW

Dudung mengatakan, apa yang dilakukan Azmiadi mengimplementasikan poin kelima pada Tujuh Perintah Harian Kasad yang berbunyi TNI harus hadir di tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya.

Selain itu Dudung mengatakan Azmiadi telah melakukan aksi mulia dan jadi bukti implementasi poin keenam pada instruksi sama.

“Motto TNI Angkatan Darat di hati Rakyat harus betul-betul diimplementasikan,” ujar Jenderal Dudung dikutip dari situs TNI AD.

“Sering saya katakan bahwa TNI Angkatan Darat harus dicintai rakyatnya, tetapi lebih hebat lagi dia harus mencintai rakyatnya,” beber mantan Pangdam Jaya itu.

Baca  Tingkatkan PAD, Subandi Dorong Pemkot Samarinda Maksimalkan Potensi Pariwisata

Azmiadi juga menerima penghargaan medali, uang pembinaan, hingga piagam dariKomandan Kodim 0901/Samarinda, Kolonel Arm Novi Herdian.

Reward yang saya berikan ini jangan dilihat nilainya, tapi jadikanlah penghargaan ini sebagai motivasi untuk kita dapat berkerja lebih baik lagi,” ujar Novi dalam situs yang sama.

[NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button