NasionalRagam

7 Jurusan Ini Punya Peluang Besar Lolos CPNS 2023

Ilustrasi.

Editorialkaltim.com – Seleksi Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS) 2023 akan segera dibuka. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memulai proses seleksi pada pertengahan tahun ini, yakni sekitar Juni mendatang.

Pemerintah juga akan membuka seleksi calon Pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Proses perekrutan CPNS dan PPPK masih dilakukan secara online melalui situs sscasn.bkn.go.id

Tak ayal, seleksi CPNS jadi momen yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang. Namun, tahukah Anda, ada beberapa jurusan yang memiliki peluang besar lolos seleksi CPNS tahun ini?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas menyebutkan, pemerintah saat ini sedang memprioritaskan pemenuhan kebutuhan profesi tertentu. Seperti hakim, jaksa, dosen, tenaga guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis yang bertalenta di bidang digital serta jabatan di lingkungan instansi pemerintah.

Oleh karena itu, berikut 7 jurusan yang digadang-gadang memiliki peluang besar lolos seleksi CPNS 2023.

Baca  Catat! Beasiswa Kukar Idaman 2023 Dibuka April Mendatang

1. Jurusan Pendidikan

Jurusan pendidikan menjadi target perioritas pemerintah di tahun ini. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah akan melanjutkan target pemenuhan kebutuhan guru dan tenaga kesehatan secara nasional melalui pengadaan CPNS 2023 dan PPPK.

“Pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas, dan kami bahas hari ini bersama Pak Nadiem Makarim dan Pak Budi Gunadi Sadikin. Tentu sektor lain juga kita siapkan formasinya,” ujar Anas dalam acara Rapat Koordinasi Rencana Pengadaan ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah Tahun 2023, di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

2. Jurusan kesehatan

Seperti yang diketahui, kebutuhan tenaga kesehatan (Nakes) dalam seleksi CPNS selalu meiliki formasi yang besar. Berdasarkan informasi yang beredar, Fresh Graduate jurusan ini juga dapat mengikuti seleksi.

Baca  Hasil Liga 1: Borneo FC Menang Telak 4-2 atas RANS Nusantara, Matheus Pato Cetak 2 Gol

3. Jurusan Teknologi Informasi

Jurusan Teknologi Informas memiliki peluang yang besar terutama di CPNS 2023. Teknologi Informasi saat ini memang sangat dibutuhkan di berbagai tempat begitu pula di sektor pemerintahan. Terlebih saat ini pemerintah sedang dalam masa peralihan untuk memberikan berbagai layanan yang lebih praktis secara digital.

Sarjana teknologi dan informasi akan ditempatkan di berbagai posisi seperti sebagai ahli pranata komputer atau di posisi sistem informasi dan IT.

4. Jurusan Politik dan Pemerintahan

Jurusan ini memiliki peluang yang besar bagi para sarjananya untuk lulus dalam seleksi CPNS 2023 dan mempunyai peluang sangat besar untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jurusan ini cukup banyak dibutuhkan di berbagai instansi baik di kementrian ataupun di Pemernitah Daerah.

5. Jurusan Teknik

Posisi untuk jurusan ini memang seringkali dibutuhkan setiap tahunnya di berbagai sektor pemerintahan. Sarjana jurusan ini akan ditempatkan di Kementerian PUPR, Pemerintah daerah atau di BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara).

Baca  Jokowi Akui Sulit Jaga Keseimbangan Harga Beras, Hadapi Dilema Kepuasan Ibu-Ibu dan Petani

6. Jurusan Manajemen

Sarjana Manajemen juga memiliki peluang besar untuk lulus seleksi CPNS 2023. Di sektor pemerintahan, jurusan ini dibutuhkan untuk posisi seperti Perencanaan dan Penata Kanselerai, Analis Kelembagaan, dan Arisiparis.

7. Jurusan Hukum

Tidak kalah, kebutuhan PNS untuk jurusan hukum dalam seleksi CPNS 2023 memiliki jumlah formasi yang cukup besar. Instansi yang tidak pernah absen membutuhkan jurusan ini antara lain Kejaksaan Agung, Mahkamah Agung, dan Kemenkumham.

[NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button