Kukar

DKP Kukar Siapkan Rp 219 Miliar Bantuan Nelayan dan Pembudidaya Ikan Tahun 2023

Dinas Kelautan dan Perikanan Kutai Kartanegara (DKP Kukar) menyiapkan anggaran senilai Rp 219 miliar untuk tahun 2023. Anggaran ini akan difokuskan untuk pemberian bantuan langsung bagi para nelayan dan pembudidaya ikan di Kukar. (istimewa).

Editorialkaltim.com – Dinas Kelautan dan Perikanan Kutai Kartanegara (DKP Kukar) menyiapkan anggaran senilai Rp 219 miliar untuk tahun 2023. Anggaran ini akan difokuskan untuk pemberian bantuan langsung bagi para nelayan dan pembudidaya ikan di Kukar.

Bantuan tersebut meliputi sarana dan prasarana yang diberikan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) dan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan). Kepala DKP Kukar, Muslik, menyebutkan dana tersebut sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026.

“Target kita di 2022 itu 5 ribu (nelayan dan pembudidaya ikan) ternyata bisa melampaui sampai 8.066 orang yang kita fasilitasi,” ujar Muslik.

Baca  Bupati Kukar Luncurkan Kredit Tanpa Bunga bagi Nelayan dan Petani

Program ini masuk dalam pengembangan pertanian berbasis kawasan yang termasuk sektor perikanan. Melihat progres pemberian bantuan yang melampaui target setiap tahunnya, Muslik optimis merampungkan pemberian bantuan kepada 25 ribu nelayan dan pembudidaya ikan di Kukar, rampung pada 2024 mendatang.

Muslik menargetkan di tahun 2023 akan menyasar sekitar 9 ribu nelayan dan pembudidaya ikan yang mendapatkan dampak manfaatnya secara langsung. “Harapan kita di 2024 itu sudah sekitar realisasikan yang menjadi target bapak bupati,” lanjutnya.

Baca  SINTAKU 2.0 untuk Meningkatkan Manajemen Talenta di Pemkab Kukar

Anggaran tahun 2023 ini meningkat hingga Rp 61 miliar dari tahun 2022 yang mencapai Rp 158 miliar. Dalam tahun tersebut, DKP Kukar berhasil menyampaikan bantuan kepada 8.066 orang nelayan dan pembudidaya ikan di Kukar.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil DKP Kukar, Asli Husaini, menjelaskan bagian anggarannya senilai Rp 83 miliar untuk 2023. Anggaran tersebut akan difokuskan untuk pembelian berbagai sarana dan prasarana, termasuk mesin ketinting, mesin diesel, cool box, perahu fiber, dan lainnya.

Baca  Bupati Tekankan Percepatan Realisasi Anggaran 2023 dalam Kegiatan Ngapeh Hambat

“Untuk prasarananya, berupa dermaga TPI Anggana dan Samboja, pembangunan TPI Samboja dan pembangunan pabrik es TPI Samboja, juga beberapa pelatihan kepada nelayan,” ujar Asli Husaini. Pada tahun 2022 lalu, bidangnya menyalurkan bantuan sarana alat tangkap ikan sebanyak 6.728 unit dengan anggaran mencapai Rp 26 miliar.

[ LIN | ADV ]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button