Kukar

Wujudkan Daerah Demokratis, Kasbangpol Kukar Dorong Edukasi Politik Dini

Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Mewujudkan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai daerah dengan demokrasi berkualitas menjadi salah satu dorongan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang ditanam sejak dini. Dengan melakukan kegiatan sosialisasi di sekolah-sekolah, Kesbangpol Kukar terus dorong pendidikan politik sejak dini. 

Melalui sosialisasi di sekolah, Kesbangpol Kukar berikan pemahaman tentang nilai-nilai demokrasi, hak asasi manusia, partisipasi politik, dan tanggung jawab sosial kepada para remaja yang beranjak dewasa di Kukar. Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti mengatakan sosialisasi ini terus didorong untuk memberi pemahaman demokrasi yang berkualitas.

Baca  Tingkatkan Kebijakan Daerah, Setkab Kukar Gelar Bimtek Peningkatan Sumber Daya Aparatur

“Kami lakukan ini untuk membentuk karakter anak-anak menjadi individu yang kritis, demokratis, dan bertanggung jawab di masa yang akan datang. Karena edukasi tentang politik itu sudah seharusnya ditanam sejak dini,” tegas Rinda.

 Rinda menyebut saat ini masyarakat cenderung datang ke tempat pemilihan suara (TPS) hanya sekedar memilih. Namun mereka tidak mengerti siapa orang yang dipilih itu. Untuk itu, edukasi politik ini berperan untuk mengedukasi remaja yang beranjak dewasa. Bahwasanya dalam kehidupan bermasyarakat mereka harus paham tentang visi dan misi calon dan partai yang akan dipilih. 

Baca  Hadiri HUT ke-5 PT MGRM, Didi Harap Dapat Berikan Kontribusi Signifikan bagi Kukar

“Kami ingin Pemilu menjadi media remaja memperjuangkan kepentingan yang lebih besar. Di tahun 2019 kemarin, tingkat partisipasi kita 81,24 persen. Tentu saja target partisipasi pemilih di tahun 2024 diharapkan lebih dari itu, karena nanti itu perpaduan antara Pileg dan Pilpres, ” pungkas Rinda. (tri/nfa/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button