Kutim

Ardiansyah Sebut Jalan Pendekat Pelabuhan Kenyamukan Ciptakan Multiplier Effect

Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman.

Editorialkaltim.com – Proyek jalan pendekat menuju Pelabuhan Kenyamukan, Sangatta Utara mulai berjalan. Peletakan batu pertama mengawali proyek tersebut dilakukan di titik 0, Kamis (12/1/2023).

Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman mengatakan, proyek pembangunan jalan menuju Pelabuhan Kenyamukan ini akan berdampak pada penurunan harga kebutuhan pokok. Hal ini disebabkan terpangkasanya biaya distribusi.

“Dampaknya sangat baik, karena semua bisa datang langsung ke Sangatta,” pungkasnya.

Dia mengaku, Pemkab Kutim telah mengikuti regulasi hingga prosedur yang diarahkan Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kemenhub RI sebab Pelabuhan Kenyamukan masuk dalam tol laut.

Baca  Turap Sungai Karang Mumus Miring, Dewan Minta Kontraktor Tanggungjawab

“Saya yakin, seperti aktivitas bongkar muat bahan pokok tidak perlu lagi harus mengambil ke Balikpapan atau Samarinda, mengingat biayanya mahal dihitung pebisnis,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Ardiansyah, dengan dimulainya proyek pembangunan jalan pendekat ke Pelabuhan Kenyamukan ini berimbas pada multiplier effect. Seperti, bisa menyedot banyak tenaga kerja hingga toko atau warung. Geliat perekonomian di Kutim, khususnya di Sangatta bakal tumbuh lebih cepat. Termasuk berpotensi menumbuhkan perumahan masyarakat

Baca  139 Kepala Desa di Kutai Timur Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan

“Semuanya akan tumbuh secara masif. Saya yakin, kawasan Kenyamukan ini menggairahkan perputaran ekonomi,” terangnya.

Ardiasnyah juga memberikan apresiasi kepada PT Kaltim Prima Coal (KPC) yang telah berkomitmen mendukung pembangunan infrastruktur jalan pendekat Pelabuhan Kenyamukan.

Diketahui, proyek jalan pendekat menuju Pelabuhan Kenyamukan dengan panjang 650 meter dan lebar 25 meter ini dibiayai menggunakan dana corporate social responbility (CSR) PT KPC sebesar Rp20 miliar dan sebagaian akan diselesaikan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN).

Baca  Tingkat Pengangguran Terbuka Menurut Kabupaten Kabupaten/Kota di Kaltim Per Agustus 2023
[NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltim kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button