Kutim

Bupati Kutim Kebut Pembangunan Jalan Pendekat Pelabuhan Kenyamukan Sangatta

Bupati Kutai Timur, Ardiansyah (kanan). (istimewa).

Editorialkaltim.com – Masuk awal tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) kembali memfokuskan menyelesaikan pembangunan akses jalan Pelabuhan Kenyamukan.

Jalan pendekat menuju Pelabuhan Kenyamukan yang berada di wilayah Kecamatan Sangatta Utara akhirnya ada titik terang. 

Proyek jalan pendekat dengan panjang 650 meter dengan lebar 25 meter  yang dibiayai menggunakan dana CSR PT Kaltim Prima Coal (KPC) sebesar Rp20 miliar itu digelar dengan kegiatan groundbreaking di titik 0, Kamis (12/1/2023).

Kegiatan ini secara simbolis ditandai dengan melarutkan semen di titik 0 untuk menandai pekerjaan proyek jalan pendekat Pelabuhan Kenyamukan dimulai.

Groundbreaking proyek pembangunan jalan pendekat ke Pelabuhan Kenyamukan Sangatta. (istimewa).

Turut hadir Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman didampingi Wabup, Kasmidi Bulang. Ketua DPRD Kutim, Kapolres Kutim, AKBP Anggoro Wicaksono. Danlanal Sangatta, Letkol Laut (P) Shodiqin. Dandim 0909/KTM, Letkol Inf Adi Swastika. Ketua DPRD Kutim, Joni dan GM ESD PT KPC Wawan Setiawan.

Baca  Mudahkan Transaksi Keuangan, Disdikbud Kutim Gelar Sosialisasi Aplikasi SIPlah-ATKP untuk Sekolah

Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman memberikan apresiasi kepada KPC yang telah mendukung infrastruktur pembangunan jalan pendekat Pelabuhan Kenyamukan terealisasi.

“Karena kami sangat membutuhkan pelabuhan rakyat ini selain pelabuhan industri di KEK MBTK Kaliorang. Karena sejak zaman Bupati Awang Faroek Ishak pembangunan Pelabuhan Kenyamukan terus digenjot, walaupun dalam prosesnya di tengah jalan ada masalah teknis yang berpengaruh,” ulasnya.

Baca  Pemkab Kutim Ajukan Pengakuan 10 Masyarakat Hukum Adat ke Gubernur Kaltim

Namun, dengan koordinasi dan komunikasi yang intens dengan berbagai pihak terkait, Pemkab Kutim mengikuti regulasi hingga prosedur yang diarahkan oleh pusat dalam hal ini yakni Kemenhub RI karena Pelabuhan Kenyamukan masuk dalam tol laut.

“Untuk itu dalam hal ini dengan bantuan PT KPC, Pemkab Kutim berkewajiban menyelesaikan jalan pendekat ini guna memberikan daya dukung signifikan untuk ekonomi kerakyatan. Contohnya saja, saya yakin seperti aktivitas bongkar muat sembilan bahan pokok tidak perlu lagi harus mengambil di Balikpapan atau Samarinda mengingat biayanya mahal dihitung pebisnis, nah jika ini tuntas kita gunakan Pelabuhan Kenyamukan tentunya efeknya harga akan menjadi rendah,” bebernya.

Baca  Wakil Bupati Kutim Dukung Penuh Upaya Transformasi BNK Kutim Menuju BNNK

Ardiansyah juga meminta kepada Dinas PU Kutim untuk mengawal jalan yang dibangun Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Kaltim yang berdekatan dengan jalan pendekat yang akan dibangun oleh KPC.

“Saya harap di 2024 nanti, Dinas PU mengawalnya berkoordinasi dengan BBPJN Kaltim dan Kemenhub menyelesaikan ujung cor sampai dengan diselesaikan proyek jalan pendekat yang dibangun KPC ini,” tegasnya.

[NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltim kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button