Nasional

Airlangga Hartarto Mundur dari Ketua Umum Partai Golkar

Eks Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (Foto: Dok Golkar)

Editorialkaltim.com – Airlangga Hartarto mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar. Pengumuman tersebut disampaikan melalui sebuah video pernyataan yang dirilis pada Sabtu (10/8/2024) malam, dan telah beredar luas di kalangan kader serta publik sejak dini hari Minggu.

Dalam video tersebut, Airlangga membuka dengan kalimat Bismillah dan menyatakan keputusan tersebut diambil atas petunjuk Tuhan Yang Maha Besar.

Baca  Kurangi Ketergantungan Dollar, Indonesia Bentuk Satgas Peningkatan Penggunaan Mata Uang Lokal

“Maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketum DPP Golkar, terhitung sejak semalam,” ucap Airlangga.

Airlangga menyebutkan Partai Golkar, sebagai salah satu partai besar dan matang di Indonesia, akan segera menyiapkan mekanisme organisasi untuk menentukan kepemimpinan baru sesuai dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang berlaku.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa seluruh proses pergantian kepemimpinan akan dilakukan secara damai dan tertib, menunjukkan komitmen tinggi terhadap nilai dan martabat Partai Golkar.

Baca  Agus Gumiwang Kartasasmita Resmi Jadi Plt Ketum Partai Golkar

Dalam pidato pengunduran dirinya, Airlangga juga mengungkap pencapaian partai di bawah kepemimpinannya, termasuk peningkatan jumlah kursi di DPR pada Pileg 2024, yang berhasil mengamankan 102 kursi.

Ia juga membanggakan keberhasilan partai dalam meraih ribuan kursi di DPRD di berbagai tingkat provinsi serta kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

“Selain itu dalam Pilpres kita berhasil beri kontribusi besar dalam kemenangan pak Prabowo dan Gibran,” tambahnya. (ndi)

Baca  Jokowi Diisukan Merapat Ke Golkar, Waketum: Semoga Gabung Beneran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button