Samarinda

Tertibkan Parkir di Pinggir Jalan, Kamaruddin: Pemerintah Jangan Kalah dengan Premanisme

Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Kamaruddin. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Hingga saat ini Pemkot Samarinda terus berupaya untuk merapikan pinggir jalan dari maraknya parkir liar. Salah satunya dengan uji coba parkir secara elektronik, dengan menggandeng Bankaltimtara.

Namun langkah itu dinilai masih belum ampuh untuk menertibkan tepi jalan yang masih dikuasi para juru parkir (jukir) liar. Persoalan inipun turut menjadi evaluasi Komisi II DPRD Samarinda. Setiap tahunnya segala kegiatan yang berhubungan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tentu menjadi salah satu bahan untuk dievaluasi, termasuk permasalahan parkir tepi jalan.

Baca  Samarinda Masih Kekurangan Guru, DPRD dan Disdik Duduk Bareng

Seperti yang diungkapkan Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Kamaruddin. Sebelumnya dia bersama anggota komisi II sudah memberikan masukan terhadap Dinas Perhubungan (Dishub) Kota terkait retribusi parkir tepi jalan. Salah satu permasalahannya adalah oknum jukir liar dan tindak premanisme yang kerap menjadi keluhan masyarakat.

“Pemerintah memang perlu tindak tegas jukir liar apalagi yang ada unsur premanisme,” ungkap Politikus Partai NasDem.

Menurutnya, pemerintah tak boleh gentar dengan aksi premanisme yang kian meresahkan masyarakat. Sebab selama ini PAD yang berasal dari parkir tepi jalan selalu bocor, lantaran pemasukannya tidak maksimal.

Baca  Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Dorong Peran Keluarga Atasi Bullying

“Makanya ini kami di komisi III masih rutin membahas pola seperti apalagi yang akan diterapkan untuk meningkatkan retribusi parkir tepi jalan,” jelasnya.

Sebab menurutnya metode elektronik parkir atau dikenal dengan metode e-parking sebenarnya sudah efektif, untuk menekan kebocoran PAD yang berasal dari parkir tepi jalan. Namun, akibat ulah dari jukir liar yang tak mau bekerja sama menerapkan e-parking, membuat penghasilan dari retribusi parkir ini kurang efektif.

Baca  DPRD Samarinda Dorong Pengesahan Raperda Pemakaman Muslim untuk Atasi Keterbatasan Lahan

“Pemerintah jangan kalah dengan oknum jukir, termasuk masyarakat harusnya paham seperti di Indomaret itu kan bebas parkir. Kalau ada jukirnya tidak usah dikasih,” demikian Kamaruddin.

[NFA-2]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button