Samarinda

Hadiri Musrenbang Samarinda Ulu, Ketua Komisi IV Titipkan Kewajiban Pembiayaan Pendidikan dan Kesehatan

Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Setiap tahunnya setiap kecamatan menyelenggaran Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), sebagai usulan kegiatan yang akan dibahas dalam Musrenbang tingkat Kota Samarinda. Agenda ini baru saja dilangsungkan oleh Kecamatan Ulu, Selasa (7/2/2023).

Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti turut menghadiri kegiatan ini, selaku bagian dari daerah pemilihan (dapil) Samarinda Ulu. Ia mengakui kegiatan ini sudah tepat dilaksanakan, pasca pihak DPRD Samarinda menggelar reses masa sidang I pekan lalu.

Baca  Sri Puji Astuti Dorong Pemerataan Pendidikan Lewat Sosialisasi PPBD di Samarinda

“Sehingga aspirasi dari masyarakat melalui reses kami, bisa disinkronisasi dalam musrenbang,” ungkapnya saat ditemui di Kantor Kecamatan Samarinda Ulu, Jalan Ir Juanda.

Dalam beberapa masukannya dia menitipkan beberapa kewajiban yang tak boleh dikesampingkan dalam berbagai usulan yang masuk dalam musrenbang, baik melalui kelurahan maupun kecamatan. Lantaran membidangi komisi IV, dia pun mengingkatkan tentang pembiayaan kegiatan pendidikan dan kesehatan.

Sebab dua hal tersebut bersifat mandatory dari pemerintah pusat, sehingga harus ada dalam setiap usulan. Sedikitnya harus disisihkan sebesar 20 persen dari porsi APBD Samarinda. Diketahui pembehasan musrenbang kali ini akan menjadi bahan pertimbangan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam menyusun APBD 2024.

Baca  Gelar Reses, Laila Prioritaskan Aspirasi Masyarakat

Selain urusan pendidikan dan kesehatan, wakil rakyat yang telah menjabat dua periode ini juga mengingatkan tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) dari bidang lainnya yaitu permasalahan sosial yang sering terjadi di masyarakat. Sebab persoalan ini kerap sering dipandang sebelah mata seperti pengentasan kemiskinan.

“Kami memang sedang semangat membangun, tapi jangan lupa minoritas yang sudah menjadi mandat pemerintah pusat dan kewajiban yang harus kita tuntaskan,” urainya.

Baca  Terima Hearing Disdik Samarinda, Dewan Minta Perjuangkan Kesejahteraan Guru P3K

[NFA-1]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button