Internasional

Pagi Ini, Korban Gempa Turki Suriah Tembus 3.823 Orang

Proses evakuasi gempa di Turki dan Suriah. (Edanur Yildiz).

Editorialkaltim.com – Gempa dahsyat dengan magnitudo 7.8 melanda Turki dan Suriah, Senin (6/2/2023) pukul 04.17 dini hari atau sekitar 8.17 WIB. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, korban tewas akibat gempa pada hari yang sama mencapai 912 orang. Jumlah ini terus bertambah.

Gempa susulan dengan magnitudo 7,5 terjadi, yang kekuatannya hampir menyamai gempa utama yang sebelumnya mengguncang Turki dan Suriah. Selisih kedua gempa besar itu hanya kurang dari 10 jam.

Baca  Dubes Israel Ngamuk di PBB Usai 143 Negara Setujui Keanggotan Palestina, Langsung Robek Piagam Pakai Mesin

Pihak Turki dan Suriah mencatat, hingga saat ini total korban korban tewas mencapai lebih dari 3.823 orang per Selasa (7/2/2023) hingga menghancurkan ribuan bangunan dan gedung.

Pihak berwenang Turki menyampaikan, sejauh ini 2.379 orang dinyatakan tewas dan 14.500 orang terluka akibat gempa paling dahsyat sejak 100 tahun terakhir.

Sementara itu di Suriah, dikutip AFP, 1.444 orang tewas dan 3.411 orang lainnya terluka. Banyak di antara korban gempa di Suriah adalah para pengungsi akibat konflik.

RIbuan bangunan runtuh akibat gempa dengan skala besar.

Titik Gempa Berada di Kedalaman 24,1 KM dari Permukaan Bumi

Menurut informasi dari Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan, gempa bumi mengguncang wilayah Turki itu berpusat di kedalaman 24,1 kilometer dari permukaan Bumi.

Baca  5 Alasan Kenapa Gempa Turki Sangat Merusak, Ini Penjelasan BMKG

Berdasarkan laporan USGS disebutkan bahwa lokasi gempa Turki 6 Februari 2023 itu terjadi di Nurdagi, Provinsi Gaziantep, Turki. Tepatnya terletak di lokasi berjarak 23 kilometer sebelah timur Nurdagi.

Proses evakuasi dan pencarian pun masih dilakukan meski terhambat badai salju musim dingin yang menutupi jalanan dengan es.

Cuaca buruk ini bahkan membuat tiga bandara utama di daerah terdampak gempa tidak dapat beroperasi sehingga mempersulit pengiriman bantuan vital.

Baca  Pemuda Aceh Dhiyauddin Sabet Juara 2 Lomba Azan Tingkat Dunia, Bawa Pulang Rp 4 Miliar

[NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button