Samarinda

Dukung Perputaran Ekonomi, Rusdi: Pedagang Pasar Rakyat di Samarinda Sudah Tertata dengan Baik

Editorialkaltim.com – Pemkot Samarinda baru saja meresmikan Pasar Rakyat Baluluq Lingau yang berada di Jalan PM Noor, Rabu (8/2/2023). Pasar tersebut diperuntukkan bagi para pedagang eks Pasar Dayak yang sebelumnya berjualan di pinggir jalan.

Kini mereka sudah mendapat tempat yang lebih layak, tanpa harus menghambat lalu lintas. Peresmian ini dilakukan oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun, tak ketinggalan dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Samarinda, Rusdi.

Sedikitnya ada 100 kios yang tersedia, hampir sebagian besar telah terisi. Para pedagang tersebut berasal dari Desa Pampang, sebanyak 71 pemilik kios.

Baca  Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Rofik Sebut Pemberdayaan Lebih Baik dari Sekedar Beri Bantuan

Menanggapi hal ini Rusdi mengakui, langkah Pemkot Samarinda sudah tepat.

“Tentunya dengan adanya pasar ini, masyarakat bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, untuk menjadi penguat perputaran roda perekonomian di Samarinda,” urainya.

Selain itu dia juga mengakui, dengan merelokasi para pedagang eks Pasar Dayak itu, bisa membuat pemandangan kota jauh lebih tertata. Sehingga dia pun mengharapkan, ke depannya pembukaan pasar ini bisa mendongkrak Pendapat Asli Daerah (PAD) Samarinda.

Baca  Berjalan Mulus, DPRD Samarinda Sahkan APBD Murni 2024

“Tentu ini akan memacu pertumbuhan ekonomi di Samarinda, karena semakin banyak orang yang berdagang,perputaran uang semakin banyak,” terang Politikus Partai Golkar ini.

Dia juga berharap, infrastruktur di Jalan PM Noor membaik, seiring dengan pembukaan pasar rakyat ini. Sebab ciri khas dari Baluluq Lingau ini terdiri dari tiga segmen di antaranya ada yang bernuansa etnis, segmen kering yang berjualan sembako dan segmen jualan basah yang berjualan daging.

Baca  Era Digitalisasi, DPRD Samarinda Dorong Pendaftaran UMKM secara Online

“Pastinya ini akan terkenal dan semua orang datang ke Samarinda, pasti bertanya-tanya dimana itu. Pasti kesitu, mungkin yang perlu ditata ini produk-produk lokal, produk unggulan seluruh Kaltim harusnya ada disini,” demikian Rusdi.

[NFA-1]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button