Samarinda

Dewan Soroti Tingginya Angka Perceraian di Samarinda

Anggota Komisi IV DPRD Samarinda Ahmat Sopian Noor.(qon/editorialkaltim.com).

Editorialkaltim.com – Angka kasus perceraian di Samarinda yang cukup tinggi, mendapat sorotan dari Anggota Komisi IV DPRD Samarinda, Ahmat Sopian Noor. Menurutnya, hal itu akan berdampak negatif untuk kesejahteraan masyarakat di waktu yang akan mendatang.

“Tentu dengan tingginya angka perceraian, maka ini juga akan berdampak negatif untuk masyarakat Samarinda,” ucapnya.

Melihat kondisi tersebut, Sopian mendorong sebelum melanjutkan ke jenjang pernikahan, sepasang kekasih perlu menyatukan visi, misi dan kesiapan lainya dalam berumah tangga.

Baca  Tertangkap Basah! Polisi Bekuk Pelaku Pencurian Motor Ojol Saat Sholat di Masjid Samarinda

“Tentu yang penting dalam rumah tangga itu adalah menyatukan visi dan misi dalam berkeluarga, perlu kedewasaan dan pemahaman tentang hidup berkeluarga,” jelasnya.

Politisi Golkar ini mengungkapkan, masyarakat Samarinda perlu meningkatkan ketahanan keluarga, dengan cukupnya ilmu tentang faktor-faktor pendukung internal dan eksternal dalam berumah tangga.

“Kami juga harus paham apa saja faktor pendukung, seperti faktor agama, ekonomi, sosial, adat istiadat dan yang terpenting itu niat dalam berumah tangga,” katanya.

Baca  Tingkatkan Keaktifan Peserta JKN Kaltim Beri Syarat Ini

Dia menegaskan, dalam setiap hubungan perlu ada komunikasi yang positif, baik antara suami dan istri maupun pada anak. Hal tersebut menurut dirinya mampu mencegah hal hal yang tidak di inginkan.

“Intinya adalah komunikasi dua arah, baik antara laki-laki dan perempuan maupun pada anak, sehingga menghadapi masalah itu bisa dikomunikasikan agar ketahanan keluarga terus kokoh,” paparnya.

Sopian meyakinkan pihaknya akan segera merampungkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Ketahanan Keluarga, agar satu diantaranya bisa menekan angka perceraian di Samarinda.

Baca  Komisi III DPRD Samarinda Sebut Anggaran Disperkim Perlu Ditingkatkan

“Kami juga terus membahas dan akan segera merampungkan Raperda Ketahanan Keluarga, agar bisa mengatasi permasalahan dalam rumah tangga,” tutupnya. 

[QON | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button