Editorial

Bupati Paser Bakal Resmikan Pasar Penyembolum Senaken

Editorialklatim.com – Pasar Penyembolum Senaken yang berdiri di lahan seluas 8.798.94 meter persegi akan diresmikan oleh Bupati Paser, Fahmi Fadli pada hari ini, Jumat (30/12/2022) sore.

Sejumlah proyek di pusat Pemerintahan Kabupaten Paser memang sedang digalakkan. Sedikitnya 3 proyek yang kini menjadi fokusan Pemkab Paser, yakni pembangunan Pasar Induk Penyembolum Senaken, di Desa Senaken, Taman Siring Kandilo dan rehabilitasi Jembatan Putri Petong di Kelurahan Tanah Grogot.

Baca  Penajam Paser Utara Deklarasikan Pemilu Damai 2024

Rencananya, semua pembangunan itu akan diresmikan tepat pada hari ulang tahun Kabupaten Paser ke-63 pada 29 Desember 2022.

“Sejak awal kami harapkan pembangunan pasar dan taman ini bisa dengan baik dan dapat selesai tepat waktu. Alhamdlilah, Pasar Penyembolum Senaken hari ini bisa kami resmikan,” kata Fahmi.

Kabid Cipta Karya DPUTR, Asnawi mengatakan, pasar tersebut terdiri dari tujuh blok dengan fasilitas pendukung yang terdiri dari gerbang, pos jaga dan pagar. 

Baca  Jaga Kearifan Lokal, 10 Kelompok MHA Kutim Bakal Dapat Perlindungan Negara

Asnawi juga mengatakan yang membedakan Pasar sebelumnya dengan Pasar Penyembolum baru yang akan diresmikan, yaitu semua lapak sudah menghadap ke jalan blok sehingga antara sesama pedagang tidak saling berebut lapak.

Selain itu lapak – lapak tersusun dengan rapi sehingga tidak ada lagi lapak yang nanti akan terlihat kumuh. Semua lapak memiliki penerangan yang cukup.

Baca  Pemkab Kutai Timur Berikan Bantuan Alat Pertanian ke Gapoktan Abadi Jaya

Sedangkan untuk sanitasi, aliran parit atau selokan di sekitar pasar dibuat lancar sehingga tidak ada aliran tersumbat yang menyebabkan bau. Selain itu, jalanan yang ada di sekitar lapak sudah dipaving atau dicor sehingga ketika hujan tidak kotor dan pembeli akan merasa nyaman ketika berbelanja.

[NFA]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button