Kukar

Bupati Kukar Mendorong BUMDes untuk Memaksimalkan Potensi Desa

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, mengusung pesan penting kepada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) agar dapat memanfaatkan potensi desa sebaik mungkin.

Editorialkaltim.com – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, mengusung pesan penting kepada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) agar dapat memanfaatkan potensi desa sebaik mungkin. Hal ini ditujukan untuk mensejahterakan masyarakat dan memberikan kontribusi signifikan bagi desa.

“BUMDes harus cerdas dalam melihat dan memetakan potensi desa untuk mengembangkan berbagai bidang usaha,” kata Bupati Kukar Edi Damansyah.

Penekanan ini diberikan Bupati saat membuka Bimbingan Teknis bagi 117 Bumdes angkatan pertama, sebuah acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar pada hari Senin, 5 Juni 2023, di Hotel Harris Samarinda.

Baca  Pemdes Perian Akan Kembangkan Wisata Air Terjun

“BUMDes didirikan untuk memperkokoh perekonomian desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021, BUMDes bertujuan untuk memajukan usaha, memanfaatkan aset, meningkatkan investasi dan produktivitas, serta menyediakan pelayanan dan jenis usaha lainnya untuk masyarakat desa.

“BUMDes berperan penting dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat desa,” tambahnya.

Baca  Potensi Baru, Desa Kersik Lakukan Pengembangan Garam Krosok

Bupati juga menekankan pentingnya bimbingan teknis bagi pengurus BUMDes dan berharap BUMDes di Kutai Kartanegara dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat.

“Saya minta pengurus BUMDes aktif mencari informasi dan belajar dari BUMDes yang telah lebih dulu berdiri dan berhasil,” ucapnya.

Damansyah juga mengharapkan profesionalitas pengurus BUMDes, dan melibatkan warga desa dalam pengelolaannya.

Baca  Kukar Bergabung dalam Forum Koordinasi Nasional untuk Percepatan Penurunan Stunting

“BUMDes harus terus berkembang dan berinovasi, untuk mencapai desa yang mandiri dan masyarakat yang sejahtera,” ujar Damansyah.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada kecamatan dan desa yang sudah membentuk BUMDes dan mengharapkan mereka mampu menjalankan perannya dengan baik.

“Harapan saya, BUMDes dapat memberikan pelayanan bagi masyarakat desa untuk mencukupi kebutuhan hidupnya,” pungkas Damansyah. (lin/adv)

Related Articles

Back to top button