Kaltim
Trending

Lima Desa di Kaltim Masuk 300 Besar Nominasi ADWI 2023, Ini Daftarnya

Cottage Pelangi salah satu fasilitas di Desa Wisata Malahing, Bontang (Foto: Jadesta Kemenparekraf RI)

Editorialkaltim.com – Proses seleksi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 terus dilakukan oleh Kemenparekraf RI. Setelah diumumkan hari Sabtu 18 Maret 2023 total ada 9 Desa Wisata di Kalimantan Timur yang lolos masuk 500 besar nasional. Selanjutnya pada hari Minggu 19 Maret 2023 proses seleksi berlanjut ke tahap 300 besar. Tercatat sisa 5 Desa Wisata di Kalimantan Timur yang lolos pada tahap tersebut.

Melalui akun resmi Instagram Kemenparekraf RI, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan, 300 desa wisata yang masuk nominasi itu telah dikurasi oleh tim Kemenparekraf, yang dimana sebelumnya berjumlah 500 desa wisata.

Baca  Ancam Warga Muhammadiyah, PWPM Kaltim Laporkan Peneliti BRIN ke Polda

Sandiaga Uno menuturkan bahwa dengan masuknya 300 desa wisata itu bisa menjadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk terus mengembangkan desa.

“Selamat kepada 300 besar desa wisata ADWI 2023. Jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus tetap mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit,” ungkapnya, Minggu (19/3/2023).

Ia berharap desa yang belum lolos agar tetap mengembangkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi melalui pengisian data di laman Jadesta.

Baca  Ananda Emira Moeis Serukan Pencegahan Perundungan di Sekolah

Adapun untuk masuk dalam nominasi ADWI 2023, desa wisata di Indonesia harus memenuhi syarat tertentu.

Syarat tersebut, dilansir dari laman resmi Kemenparekraf terdiri dari keindahan alam, budaya, sanitasi yang baik, homestay yang tersertifikasi, dan konten kreatif.

Berikut ini 5 Desa Wisata yang lolos 300 Besar ADWI 2023 :

1. Desa Wisata Payung-Payung, Kabupaten Berau
2. Desa Wisata Kampoeng Wisata Putak, Kabupaten Kutai Kartanegara
3. Desa Wisata Kang Bejo, Kota Balikpapan
4. Desa Wisata Malahing, Kota Bontang
5. Desa Wisata Tanjung Tengah, Kabupaten Penajam Paser Utara

Baca  Pemuda Aceh Dhiyauddin Sabet Juara 2 Lomba Azan Tingkat Dunia, Bawa Pulang Rp 4 Miliar

[NDI]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus menginstal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button