Bontang

Bontang Terima Bantuan Rp100 M untuk Perbaikan dan Peningkatan Jalan

Jalan rusak Bontang Lestari (Lia/Editorialkaltim.com)

Editorialkaltim.com – Persoalan perbaikan dan peningkatan jalan di Kota Bontang terus menjadi perhatian. Ketua DPRD Bontang, Andi Faizal Sofyan Hasdam menyebutkan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kaltim telah menyiapkan dana sebesar Rp100 miliar untuk perbaikan jalan di 2023.

Program tersebut masuk dalam Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. 

“Kemarin itu kan kepala BBPJN berkunjung dan melihat langsung kondisi jalan Bontang Lestari. Insya Allah tahun ini kita akan ada peningkatan jalan,” Ungkapnya saat ditemui beberapa waktu lalu.

Baca  Kampung Malahing Jadi Satu-satunya Desa di Kaltim yang Lolos 75 Besar ADWI Tahun 2023

Selain itu, peningkatan jalan ini merupakan solusi yang menjadi permasalahan pasalnya selama ini pemerintah terus menganggarkan hanya saja penganggaran aspal tampal sulam.

“Alhamdulillah ini sudah ada peningkatan dan setelah lebaran atau Mei akan mulai dilelang,” ujarnya.

Dijelaskan, dengan anggaran Rp100 miliar pemerintah bisa melakukan peningkatan jalan dari kelas C ke A. Meski diketahui, dana tersebut belum bisa mengkover secara keseluruhan jalan di Bontang Lestari.

Baca  KPID Kaltim Gelar Rakor Persiapan Tuan Rumah Harsiarnas dan Rakornas KPI 2024

“Kalau dana Rp100 miliar ini hanya mampu mengkover perbaikan jalan sekitar 20 kilometer sedangkan jalan Bontang Lestari itu kalau tidak salah 40 kilometer jadi nanti akan kita prioritaskan jalanan mana yang rusak itu yang akan diperbaiki,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan jika sebelumnya jalan Bontang Lestari diperuntukkan untuk perumahan dan pusat perkantoran sehingga kualitas jalannya hanya K250 sebelum akhirnya ditetapkan sebagai kota industri.

“Karena sudah menjadi kota industri akhirnya banyak mobil-mobil alat berat yang melintas yang memang kapasitasnya harus K300 atau K350 itulah yang membuat semennya selalu rusak akhirnya diaspal hancur lagi. Salah satu penyelesaiannya memang harus peningkatan kelas jalan, anti contohnya kurang lebih jalan Samarinda Bontang,” tukasnya.

Baca  Dua Pemuda Terbaik Kaltim Terpilih Jadi Paskibraka Nasional 2023
[AL | LIN]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button