KaltimKutai Barat

Anggota DPRD Kaltim Ekti Imanuel Desak Percepat Pembangunan Sambungan Listrik bagi Desa Tertinggal

Anggota DPRD Kaltim Ekti Imanuel Desak Percepat Pembangunan Sambungan Listrik bagi Desa Tertinggal (Istimewa)

Editorialkaltim.com – Anggota Komisi III DPRD Kaltim, Ekti Imanuel, menyoroti kebutuhan sambungan listrik di desa-desa tertinggal di Kaltim. Walaupun Pemprov Kaltim berencana membangun 2 ribu sambungan listrik di 2024, Ekti menilai hal itu belum memenuhi kebutuhan sebenarnya. Dengan 187 desa belum mendapat listrik, ada urgensi untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur listrik, terutama di desa 3T.

Ekti menekankan perlunya aksi cepat dalam memberikan akses listrik ke desa-desa yang belum mendapatkannya. Dengan total 1.038 desa dan kelurahan di Benua Etam, sudah 851 yang mendapat akses listrik, baik dari PLN atau PLTS komunal.

Baca  Sapto Nilai Saatnya Kaltim Perluas Sayap dalam Dunia Investasi

“Meski Pemprov sudah punya rencana, angkanya belum memadai. Harus ada usaha lebih untuk memastikan seluruh desa mendapatkan listrik,” ujar Ekti dalam wawancara tersebut.

Selain itu, rencana dari Pemprov untuk menyambung listrik ke 32 desa lainnya pada tahun ini mendapat pujian, tetapi Ekti menekankan perlunya rencana jangka panjang yang lebih komprehensif. Salah satu solusi yang diusulkan adalah meningkatkan kerjasama dengan PLN dan memperluas program PLTS.

Baca  Puji Setyowati Urai Penyebab Kemiskinan di Kaltim

Ekti menambahkan, “Listrik bukan hanya soal kenyamanan, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Desa-desa di Kaltim yang belum mendapat listrik perlu mendapatkan prioritas.”

Mengakhiri wawancaranya, Ekti berharap Pemprov Kaltim bisa lebih proaktif dalam mempercepat pembangunan infrastruktur listrik di desa-desa 3T, untuk memastikan setiap warga Kaltim memiliki akses listrik yang memadai.

Baca  Stand Pameran Dirjen Bimas Islam Tawarkan Penulisan Nama Kaligrafi Gratis Untuk Pengunjung

Dengan adanya langkah-langkah konkret yang diharapkan dapat diambil, masyarakat di desa-desa terpencil Kaltim optimis akan mendapatkan akses listrik dalam waktu dekat. Kualitas hidup yang lebih baik dengan adanya listrik menjadi harapan setiap warga Kaltim.(lin/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button