BerauKaltim

Gempa 5,6 Magnitudo Guncang Berau, BMKG Pastikan Tak Berpotensi Tsunami

Gempa 5,6 Magnitudo Guncang Berau (Foto: BMKG)

Editorialkaltim.com – Gempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo mengguncang Berau, Kalimantan Timur (Kaltim), pada pukul 20.08 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulisnya pada Minggu (15/9/2024), mengatakan, “Gempa bumi ini terjadi di kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami.”

Baca  Ananda Emira Moeis Serukan Pencegahan Perundungan di Sekolah

Daryono juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah,” ujarnya.

Ia menambahkan, penting bagi masyarakat untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa demi keselamatan.

Baca  RDP Komisi IV DPRD Kaltim Bahas Jasa Pelayanan Tenaga Kesehatan

“BMKG terus memonitor kondisi terkini pasca-gempa dan akan memberikan update informasi yang diperlukan kepada masyarakat,”tutupnya.(ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button