Samarinda

Kelangkaan Tabung Gas LPG di Samarinda Rohim Sebut SPPBE Harus Lakukan Pengawasan Terhadap Pendistribusian Kepada Masyarakat

Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Samarinda, Abdul Rohim. (istimewa)

Editorialkaltim.com – Dalam upaya memantau harga dan ketersediaan kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Kota Samarinda melalui Bagian Perekonomian mengadakan sidak Bapokting pada Rabu (12/6/2024). Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Samarinda, Abdul Rohim, turut serta dalam kegiatan yang meliputi kunjungan ke Stasiun Pengisian dan Pengangkutan BULK Elpiji (SPPBE) PT. Titian Kaltim, Lotte Grosir, dan Pergudangan Bulog.

Abdul Rohim menekankan pentingnya dua aspek dalam penilaian ekonomi kota: stok ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga di pasar. Menurutnya, kedua faktor ini harus terus diupayakan Pemkot, khususnya Dinas Ketahanan Pangan, agar kondisi ekonomi tetap stabil menjelang hari besar keagamaan.

Baca  Dewan Puji Siap Beri Dukungan Anggaran untuk Program Pemberian Makanan Tambahan

“Pemkot bisa mengkoordinasi agar ini bisa terus stabil. Dua parameter penting ini dengan koordinasi yang baik yang dikomandani oleh teman-teman di Pemkot di Dinas Ketapang supaya terus stabil sehingga nanti tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” papar Rohim.

Rohim juga membahas masalah kelangkaan Tabung Gas LPG yang kini menjadi isu utama di masyarakat. Ia menyatakan Pertamina sebagai otoritas tertinggi dalam distribusi Tabung Gas LPG, harus meningkatkan pengawasan, karena ditemukan banyak kejadian hilangnya stok tabung gas yang disinyalir akibat manipulasi pihak-pihak tertentu.

Baca  Deni Hakim Yakinkan Pembangunan 2023 Jangkau Semua Aspek

“Soal pengawasan tetapi yang penting lagi sebenarnya dari pihak pertaminanya karena kan Tata Niaga soal gas ini sepenuhnya otoritasnya di Pertamina,” ungkapnya. Rohim menambahkan, “Jadi kita meminta Pertamina untuk betul-betul mengawasi mestinya semuanya bisa stabil stoknya ada tapi kalau ada spekulan yang bermain kan tiba-tiba itu bisa hilang dari peredaran itu mestinya diawasi dan kalau ditemukan harus segera ditindak.”

Baca  Potensi Samarinda Sebagai Kota Penyangga IKN, Kerajinan Lokal Wajib Dikembangkan

Terakhir, Rohim menyampaikan pihaknya akan memanggil SPPBE dan agen pangkalan hingga distributor yang menyalurkan Tabung Gas LPG ke masyarakat. Tujuan dari pemanggilan tersebut adalah untuk mengurai penyebab terjadinya kelangkaan Tabung Gas LPG di masyarakat Kota Samarinda, sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali.(adr/shn/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltim

Related Articles

Back to top button