Olahraga

Kandas di Kandang! Indonesia Dikalahkan Irak 0-2 di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia Kalah 0-2 dari Irak fi Kualifikasi Piala Dunia 2026 (Foto: PSSI)

Editorialkaltim.com – Timnas Sepak Bola Indonesia gagal memanfaatkan kesempatan bermain di hadapan pendukung sendiri, setelah ditaklukkan oleh tim Irak dengan skor 0-2 dalam pertandingan lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (6/6/2024).

Kekalahan ini membuat langkah Indonesia menuju babak selanjutnya menjadi lebih berat. Gol-gol dari tim Irak dicetak oleh Aymen Hussein dari titik penalti di menit ke-54 dan gol kedua oleh Ali Jasim yang mengeksploitasi kesalahan fatal kiper Indonesia, Ernando Ari, di menit ke-88.

Baca  Indonesia U-23 Takluk 0-2 dari Qatar di Piala Asia, Dua Kartu Merah Warnai Pertandingan

Pertandingan berjalan cukup sengit sejak awal. Irak sempat membuka peluang melalui tendangan keras Osama Rashid yang sayangnya masih melenceng dari gawang.

Indonesia juga tidak tinggal diam, dengan upaya dari Rafael Struick dan Sandy Walsh yang pada menit ke-34 nyaris membuahkan hasil. Namun, usaha mereka masih bisa digagalkan oleh kiper Irak, Jalal Hasan.

Tensi pertandingan meningkat di babak kedua saat wasit Shaun Evans menganggap Justin Hubner melakukan handsball di area terlarang, yang menghasilkan penalti untuk Irak. Aymen Hussein yang dipercaya sebagai eksekutor berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik, memasukkan bola ke pojok kiri gawang Indonesia, membuat skor menjadi 1-0.

Baca  Salman Falahi, Wasit Kontroversial Qatar Akan Pimpin Laga Timnas Indonesia vs Australia

Kesalahan fatal terjadi ketika Ernando Ari, dalam upaya mengontrol bola, justru kehilangan bola kepada Ali Jasim yang tanpa kesulitan mencetak gol kedua untuk Irak. Kejadian ini seolah menjadi paku terakhir di peti kemenangan Indonesia malam itu.

Dengan tambahan tiga poin ini, Irak semakin memantapkan posisinya di puncak klasemen dengan 15 poin. Sementara Indonesia masih tertahan di urutan kedua dengan tujuh poin, diikuti Vietnam dan Filipina di posisi berikutnya.

Baca  Garuda Tundukkan Vietnam 3-0, Erick: Sejarah Baru Timnas di Kualifikasi Piala Dunia

Meskipun kecewa, peluang Indonesia untuk maju masih terbuka. Timnas akan bertanding melawan Filipina di pertandingan terakhir grup, yang akan dilaksanakan pada Selasa, 11 Juni 2024, di Gelora Bung Karno.

Kick-off pertandingan dijadwalkan pukul 19.30 WIB, dimana Indonesia berharap dapat membalikkan keadaan dan memastikan satu tempat di putaran final Piala Asia 2027 serta memperbaiki peluang di Kualifikasi Piala Dunia 2026. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button