IKN

16.990 Ribu PNS, TNI dan Polri Mulai Berkantor di IKN pada 2024

Dok Kementerian PANRB

Editorialkaltim.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengungkapkan rencana pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Negara Nusantara atau IKN Nusantara. Rencana pemindahan ini terus disiapkan sebaik mungkin.

Tahap pertama, atau pada 2024, ASN, TNI, dan Polri yang dipindahkan ada 16.990 orang.

Pemerintah bahkan menyiapkan beragam fasilitas untuk kenyamanan ASN yang pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, seperti sarana olah raga, lahan hijau, apartemen, danau, dan lain sebagainya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan skema pemindahan ini sudah dibahas pada sidang kabinet. “Total 11.274 ASN dari 35 kementerian dan lembaga yang akan pindah,” jelas Menteri Anas dalam acara Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (24/02).

Baca  Refleksi Hari Pahlawan: Syahrudin M Noor Serukan Pembangunan Berkelanjutan di PPU

Azwar Anas menyampaikan, pemerintah menargetkan personel TNI dan Polri yang pindah ke IKN sebanyak 5.716. Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Madya yang akan dipindah sebanyak 193, sedangkan PPT Pratama sebanyak 964.

Sementara untuk pejabat fungsional yang dipindahkan sebanyak 8.091 orang, dan jabatan pelaksana ada 2.026 orang.

“Sehingga total ASN, TNI, Polri yang pindah ke IKN pada tahun 2024 ada sebanyak 16.990,” tegas Menteri Anas di hadapan para gubernur.

Baca  Bupati Sebut Kutai Timur Siap Menjadi Superhub IKN
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas memaparkan kesiapan pemindahan ASN ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dalam agenda Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Balikpapan, Jumat (24/2/2023).

Untuk memfasilitasi perpindahan masif tersebut, Anas mengatakan pemerintah telah menyediakan hunian berupa beberapa apartemen yang dibangun pada ring 1 atau dekat dengan Istana Negara di Nusantara. Seluruh konstruksi dibangun ramah lingkungan untuk setiap bangunan bertingkat institusional, komersial, dan hunian.

“Dukungan fasilitas juga sedang dalam tahap pembangunan, seperti area olahraga, lahan hijau, danau, dan beberapa fasilitas seperti TK, SD, hingga rumah sakit bertaraf internasional. Semua hunian dan fasilitas disiapkan oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama Kementerian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” ujarnya.

Ia menambahkan, sudah banyak ASN muda yang berminat pindah ke IKN. Menurutnya, minat tersebut disebabkan karena lahan IKN yang asri dan dinilai cukup menenangkan untuk aktivitas pekerjaan.

Baca  Pintu Gerbang Serambi Nusantara

Ia menilai IKN Nusantara mengusung konsep forest city yang sesuai dengan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). Segala hal yang berhubungan dengan aspek lingkungan dan pembangunan telah dikaji dalam kajian tersebut.

“Kalau itu yang terjadi, tempat di IKN ini akan jadi tempat orang yang ingin kemewahan hijau dan oksigen yang cukup,” pungkasnya.

[NDI]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button