EditorialKaltim

Indeks Literasi Digital 2022 Kaltim Bertahan di Tiga Besar Nasional

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kaltim, Muhammad Faisal. (Istimewa).

Editorialkaltim.com– Indeks Literasi Digital Kalimantan Timur (Kaltim) pada 2022 berhasil bertahan di angka 3,62 dan berada di posisi tiga besar nasional. Angka ini, bertahan dari peringkat sebelumnya pada 2021.

Capaian ini disampaikan dalam acara Peluncuran Status Literasi Digital Indonesia Tahun 2022 di Menara Danareksa Office Tower, Jakarta pada awal Februari lalu.

Indeks Literasi Digital Indonesia 2022 tercatat kembali mengalami peningkatan. Hal ini tergambar dari hasil survei Status Literasi Digital Indonesia 2022 yang dilakukan oleh Kemenkominfo bekerjasama dengan Katadata Insight Center.

Baca  Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik Tekankan OJK Kaltimtara Perkuat Pengawasan Sektor Keuangan

“Pada 2020 Indonesia hanya memperoleh skor 3,46 poin. Kemudian 2021 naik menjadi 3,49 poin, naik 0,03 poin. Tahun ini, Indonesia berhasil naik 0,05 poin dari 3,49 menjadi 3,54 poin,”
ucap Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo RI, Semuel Abrijani Pangerapan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kaltim, Muhammad Faisal mengaku bangga atas capaian ini. Dia menyampaikan rasa syukur atas hasil Survei Status Literasi Digital Indonesia yang menempatkan Kaltim pada peringkat ketiga nasional.

Indeks literasi digital 2022 Kaltim bertahan di tiga besar nasional. (Istimewa).

Sosialisasi Literasi Digital sendiri memang tengah gencar dilakukan oleh pemerintah pusat dengan prioritas Provinsi Kaltim.

Baca  Antusiasme Tinggi Jelang Raimuna Daerah 2023 di Kalimantan Timur

“Kami memang fokus pada penguatan literasi digital di Kaltim. Semua pihak terlibat aktif sejak 2021. Baik pemerintah pusat melalui Kemendagri dan Kemenkominfo, Pemda Kaltim, kabupate/kota, perguruan tinggi, sekolah, hingga para relawan TIK,” ucapnya serius.

Lebih lanjut Faisal menerangkan, berkah ditetapkannya IKN di Kaltim berdampak positif pada percepatan transformasi digital yang luar biasa. Percepatan ini diharapkan dapat menciptakan pembangunan fasilitasi infrastruktur digital hingga beberapa tahun ke depan.

“Sehingga sangat dibutuhkan pula terjadinya percepatan literasi digital di Kaltim,” lanjut Faisal.

Baca  Mendiang Hj. Norbaiti Isran Noor Raih Penghargaan Tokoh Inspiratif Pegiat Ekraf oleh SCTV

Meski bangga dengan capaian prestasi literasi digital Kaltim, Faisal menyebut pihaknya akan terus melakukan evaluasi serta sosialisasi literasi digital di semua lini dan masyarakat.

“Kita berharap, era society 5.0 ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan optimal oleh semua pihak,” tutup Faisal mengakhiri pertemuan dengan awak media.

[KRV | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button