Samarinda

Dewan Samarinda Terima Kunjungan DPRD Banjar Baru

Editorialkaltim.com Komisi II DPRD Samarinda menerima kunjungan kerja Dewan Banjar Baru di Gedung Graha Ruhui Rahayu Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian, Senin (13/2/2023).

Turut hadir, Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Abdul Rofik juga Dinas Koperasi dan UKM Samarinda.

Kunjungan ini membahas terkait dilikuidasinya Dinas Pasar dan pemisahan urusan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Samarinda berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23/2014 tentang Pemerintah Daerah.

“Aturan itu diturunkan pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 18/2016 tentang Perangkat Daerah serta diatur pada Peraturan Daerah Samarinda Nomor 4/2016 tentang pembentukkan dan Susunan Perangkat Daerah. Lebih rinci dijabarkan di dalam Peraturan Walikota Nomor 48/ 2016 tentang Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perdagangan samarinda,” terang Abdul Rofik.

Baca  Ikuti Peresmian Wisata Ramadan, Ketua Dewan Dukung Peningkatan Pendapatan UMKM

Dia menjelaskan, Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian mempunyai program baru yang bernama Kredit Bertuah atau Kredit Berusaha Beruntung dan Berkah – Kota Samarinda. Sebuah inovasi Pemerintah Kota untuk mengakselerasi peningkatan ekonomi Kota Topian.

“Khususnya  peningkatan  produktivitas pelaku usaha dan daya saing UKM juga penciptaan wirausaha baru. Semua ini digagas Wali Kota Samarinda melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian berkolaborasi dengan Bank Kaltimtara serta beberapa stakeholder lainnya,” ujarnya.

Baca  KPI Pusat Dukung Kaltim Jadi Tuan Rumah Harsiarnas dan Rakornas KPI 2024

Dia menjelaskan, tujuan dan Sasaran Kredit Bertuah ini adalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing pelaku usaha mikro dalam menyambut IKN. Hal ini juga dapat meminimalisir pinjaman usaha illegal (rentenir).

“Selain itu, Kredit Bertuah juga memberikan edukasi menabung dan mengelola keuangan kepada para pelaku usaha” bebernya.

[NFA-2]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button