Samarinda

Hadapi Inflasi, Laila Minta Perumda Varia Niaga Tak Perlu Tunggu Barang Langka

Editorialkaltim.com – Memasuki awal tahun 2023, permasalahan inflasi menjadi perhatian seluruh daerah. Bahkan Presiden RI, Joko Widodo meminta agar setiap daerah perlu berperan dalam menekan inflasi.

Tak heran, setiap minggunya Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) rutin menggelar rapat pengendalian inflasi. Selain itu, Dinas Perdagangan (Disdag) Samarinda juga saat ini tengah aktif menggelar operasi pasar murah.

Hal inipun dipandanga Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Laila Fatihah sebagai langkah yang tepat dilakukan Pemkot. Hanya saja dia menyoroti peran Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Varia Niaga yang selama ini belum signifikan.

Baca  Pemkot Rancang Perwali Algaka, Joni: Jangan Tebang Pilih

“Market Varia Niaga kan ada, kenapa tidak disosialisasikan secara rutin harusnya bisa lebih gencar lagi memberitahukan ke masyarakat,” ujarnya.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menyesalkan jika peranan perusahaan plat merah itu, yang kurang cekatan menghadapi kebutuhan masyarakat. Sekalipun diketahui saat ini Varia Niaga memiliki banyak cabang bisnis, namun belum juga memberikan sumbangsih dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota.

Baca  Dewan Dukung Samarinda Bebas Banjir 2026

“Kenapa tidak satu jenis usaha dulu yang difokuskan untuk dikembangkan, misalnya dalam penyediaan barang pokok, menggaet kerja sama dengan suatu daerah,” tuturnya.

Sehingga saat masyarakat diterpa isu kelangkaan, Pemkot Samarinda melalui Varia Niaga bisa banyak mengambil peran dalam menekan inflasi. Sebab hanya melalui perusahaan daerah yang bisa mengembangkan hal ini dalam bentuk bisnis.

Baca  Samri Sebut Bapemperda DPRD Samarinda Fokus Revisi Perda Minuman Berlakohol

“Jangan tunggu ada kelangkaan dulu baru bergerak mencari kerjasama, harusnya dari sekarang sudah bisa tangkap bola kapan kira-kira inflasi bisa terjadi kan by momen itu,” tutup Laila.

[NFA-1]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button