Editorial

Sungai Desa Panca Jaya Akan Dinormalisasi Melalui Program Karya Bhakti 

Peninjauan Dandim 0906/KKR Letkol Inf Jeffry Satria dan Kades Desa Panca Jaya, Sukiran (Sumber Foto: IG Kodim Kukar)

Editorialkaltim.com – Desa Panca Jaya, Kecamatan Muara Kaman, kembali menjalin kerjasama dengan Kodim 0906/KKR melalui program Karya Bhakti. Adapun program tersebut nantinya akan berfokus pada penanganan normalisasi Sungai Desa Panca Jaya, yang mana aliran sungai tersebut mengalami penyempitan sehingga sering menyebabkan banjir dikala intensitas hujan sedang tinggi. 

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh, Kepala Desa Panca Jaya, Sukiran, menjelaskan, program Karya Bhakti yang dijalankan oleh Kodim 0906/KKR dan Desa Panca Jaya ini akan menyasar sungai, yang mana sungai tersebut mengalami penyempitan sehingga harus dilakukan normalisasi. 

Baca  DPRD Samarinda dan Paser Bahas Inovasi Pembangunan Ekonomi

“Stok material sudah siap hanya tinggal menunggu waktu pelaksanaan saja, ” ujar Sukiran. 

Bahkan sebelumnya, ia sempat mendampingi Dandim 0906/KKR, Letkol Inf Jeffry Satria saat memantau lokasi yang bakal dijadikan program Karya Bhakti. Sukiran menyebutkan bahwa sungai tersebut memiliki peran vital bagi sektor pertanian  sebagai penyedia air bagi persawahan Desa Panca Jaya. 

Baca  Yakin Pedagang Tidak Rugi usai TikTok Shop Ditutup, Menteri Teten: Tinggal Pindah Channel

Namun, saat ini kondisi sungai tersebut mengalami penyempitan sehingga sering menyebabkan banjir dikala cuaca sedang tidak bersahabat seperti hujan deras.

“Misalnya saat malam hari itu ada hujan deras sampai pagi itu otomatis akan terjadi banjir dadakan dan terjadi penyumbatan, “ucapnya.

“Makanya perlu dilakukan normalisasi selain untuk menghindari banjir tapi juga untuk kepentingan pertanian disini, ” sambungnya. 

Sedangkan normalisasi Sungai Desa Panca Jaya akan dilakukan sepanjang 12 kilometer dengan menggunakan alat berat dan manual. Nantinya Kodim 0906/KKR akan bekerjasama bersama masyarakat dalam melakukan normalisasi. 

Baca  Bupati Kukar Usulkan Angkat Honorer Masa Kerja 5 Tahun jadi ASN Tanpa Tes

“Akan kita libatkan warga nantinya, kemungkinan program ini akan dimulai dalam waktu dekat, ” pungkasnya.

[TRI | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button