Kukar

Sekda Kukar Pimpin Upacara Peringatan Harlah Pancasila, Tekankan Pentingnya Nilai dalam Kehidupan Sehari-hari

Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara, H. Sunggono, memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2023. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara, H. Sunggono, memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2023. Upacara tersebut berlangsung di Halaman Kantor Bupati Kukar.

“Gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global,” Sunggono menuturkan tema upacara dalam pidatonya.

Acara dihadiri oleh Forkopimda, Kepala OPD, Camat, Lurah, pasukan Kodim 0906 Kukar, Polres Kukar, Satpol PP, BPBD, Damkar, Dishub, ASN pemkab Kukar, Pramuka, dan Pelajar. Sunggono membacakan amanat Presiden RI, Joko Widodo, yang menekankan pentingnya Pancasila bagi bangsa Indonesia.

Baca  Warga Gembira Dapat Bantuan Tandon dan Cool Box untuk Nelayan 

“Pancasila adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa kita,” kata Sunggono.

Dia menegaskan bahwa nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghargai satu sama lain, bekerja sama, dan saling menghormati. Sunggono juga menekankan pentingnya merayakan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni.

“Pancasila bukan hanya dasar negara, tetapi juga pedoman hidup kita sehari-hari,” kata dia.

Dia juga mengingatkan bahwa para pendiri negara telah berhasil merumuskan kepribadian bangsa Indonesia dalam Pancasila. Sunggono menekankan betapa pentingnya Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Baca  Cegah PMK, Distanak Kukar Distribusikan 10 Ribu Vaksin ke Kecamatan

“Pancasila tidak dapat digantikan, baik di masa lalu, sekarang, atau masa yang akan datang,” tegas Sunggono.

Dia juga menyampaikan bahwa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi Covid-19. Sunggono yakin bahwa hal ini merupakan bukti kekuatan Pancasila dan bangsa Indonesia menuju Indonesia Emas 2045 dan Impian Indonesia 2085.

“Kita harus bersama-sama menyukseskan Pemilihan Umum 2024 yang jujur, aman, dan damai,” ajak Sunggono.

Baca  Pemkab Kukar Luncurkan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Independen

Sunggono menyoroti angka stunting di Indonesia yang masih tinggi dan mengajak masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka tersebut. Dia mengatakan bahwa hal ini adalah bagian dari pembumian Pancasila dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

“Mari kita berkomitmen menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya,” pesan Sunggono. (lin/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button