Kukar

PT BUMA dan PT Indonesia Pratama Gelar Pelatihan Operator, Tingkatkan Keterampilan SDM Lokal di Kukar

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, memprakarsai Pelatihan Basic Operator 2023. Program ini adalah hasil kolaborasi PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) dan PT Indonesia Pratama, dan dilaksanakan di Pendopo Odah Etam Tenggarong. (Istimewa).

Editorialkalatim.com – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, memprakarsai Pelatihan Basic Operator 2023. Program ini adalah hasil kolaborasi PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) dan PT Indonesia Pratama, dan dilaksanakan di Pendopo Odah Etam Tenggarong.

“Pelatihan ini bertujuan untuk menambah lapangan kerja dan meningkatkan keterampilan SDM,” ujar Damansyah.

Bupati mengungkapkan apresiasinya terhadap PT BUMA dan PT Indonesia Pratama, yang berkontribusi dalam pembangunan SDM dan penciptaan lapangan kerja.

“PT BUMA menjadi contoh dalam pembangunan SDM masyarakat,” kata Damansyah.

Baca  Tunjang Potensi Wisata di Desa dan Kelurahan, Dispar Kukar Siap Hadir Sebagai Fasilitator

Visi Kukar IDAMAN, menurut Bupati, adalah mewujudkan masyarakat yang inovatif, berdaya saing, dan mandiri. Salah satu strateginya adalah dengan memberikan pelatihan dan pendidikan kepada SDM lokal.

“Upaya ini akan mempersiapkan generasi muda Kukar untuk memenuhi kebutuhan pasar,” ungkap Damansyah.

Damansyah menekankan pentingnya PT Indonesia Pratama untuk selalu memastikan bahwa kontraktor yang bekerjasama dengan mereka telah menaati semua peraturan yang berlaku.

“Aturan dibuat untuk melindungi masyarakat, lingkungan, perusahaan dan karyawan,” jelas Damansyah.

Baca  Dinas Perkebunan Kukar Luncurkan “Pekebun Online”, Optimalisasi Pelayanan bagi Stakeholder

Direktur People & Culture PT BUMA, Nanang, menambahkan bahwa program ini dirancang untuk membantu mengembangkan SDM muda, khususnya di daerah operasi di Kecamatan Tabang.

“Kami berkomitmen untuk terus tumbuh bersama masyarakat sekitar,” ucap Nanang.

Rikardo Simanjuntak, Manajemen PT Indonesia Pratama, menyatakan bahwa inisiatif ini adalah wujud hubungan yang baik antara investor dan masyarakat serta komitmen mereka untuk memberdayakan masyarakat.

“Dengan bantuan PT BUMA, kami berharap untuk mempersiapkan 15.000 tenaga kerja ke depan,” ujar Simanjuntak.

Baca  Rapat Bersama Forum TJSP Loa Janan, Pemdes Batuah Bahas Pengadaan Kendaraan Angkutan Pelajar

Turut hadir dalam acara tersebut Manajemen PT. Indonesia Pratama, Manajemen PT. BUMA, Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Kepala Dinas ESDM Kukar, serta beberapa Camat dan Kades di Kukar yang ada di lingkar tambang BUMA. (lin/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button