Nasional

Peringatan Dini BMKG: Potensi Cuaca Ekstrim Terjadi di Sulsel pada 12-16 Februari 2023

Ilustrasi cuaca buruk. (freepik).

Editorialkaltim.com – Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar, mengumumkan kondisi perkiraan cuaca di Sulawesi Selatan (Sulsel), mulai 12 hingga 16 Februari 2023.

Monitoring dinamikan atmosfer terkini menunjukan adanya potensi peningkatan cuarah hujan di wilayah Sulsel.

Terpantau adanya tekanan rendah (low pressure area) di bagian utara Australia yang menginduksi peningkatan kecepatan angin dan membentuk daerah konvergensi.

“Berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di beberapa kota di Sulsel,” tulis BMKG dalam keterangannya, Senin (13/2/2023).

Baca  Peringatan Dini BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem Hujan Lebat di 24 Wilayah, Kaltim Termasuk

BMKG memprediksi mulai 12 hingga 16 Februari 2023, ada 3 kabupaten/kota di Sulsel yang akan dilanda cuaca ekstrem. Wilayah yang dimaksud, yakni Makassar, Maros, dan Pangkep.

Di Kota Makassar, potensi hujan deras hingga angin kencang berdampak di wilayah Kecamatan Mariso, Mamajang, Makassar, Ujung Pandang, Wajo, Bontoala, Tallo, Ujung Tanah, Panakkukang, Tamalate, Biringkanaya, Rappocini, dan Tamalanrea.

Baca  BMKG Peringatkan Potensi Puting Beliung Maret-April 2024, Masyarakat Diminta Waspada

“Sementara di Kabupaten Maros, cuaca ekstrem diprakirakan berdampak di Kecamatan Mandai, Maros Baru, Bontoa, Marusu Lau, dan Moncongloe,” tamnah BMKG.

Di Kabupaten Pangkep hujan lebat dan angin kencang diprediksi terjadi di Kecamatan Pangkajene, Bungoro, Labakkang, Marang, dan Minasa Tene.

BMKG Wilayah IV Makassar menghimbau, agar masyarakat selalu mengikuti informasi resmi BMKG serta instansi terkait untuk memastikan mitigasi bencanan hidrometeorologi dapat dilakukan dengan baik.

Baca  Wapres Pastikan Mitigasi Puncak El Nino Telah Disiapkan, Salah Satunya Impor Beras

“Diharapakan para pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat dapat meningkatkan kesiapsiagaan,” imbau BMKG dalam keterangan resminya.

[NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button