Kukar

Pemkab Kukar Percepat Pembangunan Infrastruktur Pertanian 

Kepala DPU Kukar, Wisnuwardhana. (istimewa).

Editorialkaltim.com – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kukar berupaya mempercepat pembangunan infrastruktur di kawasan pertanian. Tujuan ini sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026.

“Kelima kecamatan ini menjadi prioritas dalam pembangunan,” kata Kepala DPU Kukar, Wisnuwardhana.

Lima kawasan pengembangan pertanian tersebut mencakup Kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang, Loa Kulu, Sebulu, dan Muara Kaman. Infrastruktur yang dibangun meliputi pembangunan irigasi, jalan usaha tani, gorong-gorong, jembatan penghubung, jalan pariwisata, dan pusat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca  Pulau Kumala Bersolek, Rendi Solihin Optimis Waterboom Selesai Akhir 2023

Dalam Rencana Kerja (Renja) 2023-2024, Wisnu yakin pembangunan infrastruktur akan selesai. Pembangunan ini termasuk 120 embung air, dimana 4 embung akan dikerjakan oleh DPU Kukar dan sisanya oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar.

“Dalam waktu Renja 2023-2024, pembangunan akan selesai,” ujar Wisnu.

Peningkatan konektivitas jalan juga menjadi fokus, khususnya jalan kabupaten. Peningkatan konektivitas ini diharapkan dapat memperbaiki perekonomian masyarakat. Wisnu menambahkan, “Jalan penunjang pariwisata juga sedang dipetakan di lima kecamatan prioritas ini,” tutupnya. (lin/adv)

Related Articles

Back to top button