IKNPenajam Paser Utara

Pembangunan IIKN di PPU Berlanjut,  Zainal Arifin Soroti Penyerapan Tenaga Kerja Lokal

Desain istana negara IKN Nusantara. (istimewa).

Editorialkaltim.com – Proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus berlangsung dengan percepatan pembangunan infrastruktur pendukung. Dalam konteks ini, Anggota DPRD PPU, Zainal Arifin, menyoroti pentingnya penyerapan tenaga kerja lokal dalam proyek IKN.

Zainal Arifin menyatakan, kedatangan ribuan pekerja dari luar daerah merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mempercepat pembangunan IKN, termasuk pembangunan Istana Kepresidenan yang dijadwalkan selesai pada 2024. Namun, dia menekankan harus ada keseimbangan dengan memprioritaskan tenaga kerja lokal. 

Baca  Pj Bupati PPU Makmur Marbun Pastikan Ketersediaan Pangan Aman Selama Ramadhan Hingga Idul Fitri

“Penting untuk memastikan bahwa proyek ini juga memberi manfaat kepada masyarakat PPU, khususnya dalam mengurangi tingkat pengangguran,” ujarnya.

Menurut Zainal, penyerapan tenaga kerja lokal tidak hanya akan membantu mengurangi pengangguran, tetapi juga akan berkontribusi pada peningkatan kompetensi dan kondisi sosial masyarakat setempat. 

“Penggunaan tenaga kerja lokal akan memperkuat ekonomi daerah dan membantu pengembangan keterampilan bagi masyarakat PPU,” tambahnya.

Baca  Anggota DPRD PPU Mendorong Pembangunan Jembatan Gresik-Buluminung untuk Meningkatkan Akses dan Perekonomian

Zainal juga mengingatkan Badan Otorita IKN untuk memperhatikan aspek keadilan dalam pembayaran upah para pekerja. 

“Kami mendapat informasi tentang beberapa pekerja yang belum mendapatkan gaji sesuai aturan. Hal ini harus diatasi agar tidak menimbulkan permasalahan sosial,” kata Zainal.

Pembangunan IKN di PPU diharapkan tidak hanya menjadi simbol kemajuan infrastruktur nasional, tetapi juga sebagai pendorong peningkatan kesejahteraan dan peluang kerja bagi masyarakat lokal. Inisiatif ini dianggap penting dalam memastikan pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif bagi semua pihak yang terlibat.

Baca  Kominfo Minta Starlink Bayar Sewa Udara Jika Beroperasi di Indonesia

“Ini diharapkan dapat menjadi dorongan bagi pemerintah dan pengelola proyek IKN untuk lebih memperhatikan keterlibatan dan kesejahteraan tenaga kerja lokal, menciptakan dampak positif yang luas bagi masyarakat Penajam Paser Utara,” pungkasnya. (nfa/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button