Kukar

Jembatan Sambera Siap Diperbaiki, Dinas PU Siapkan Rp 13 M

Dinas Pekerjaan Umum Kukar telah merencanakan perbaikan permanen. Semenisasi akan dilakukan pada jembatan tersebut dengan biaya diperkirakan mencapai Rp 13 miliar. (istimewa).

Editorialkaltim.com – Jembatan Sambera di Kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara, kembali membutuhkan perhatian. Meski sempat diperbaiki pada 2021, kondisinya masih memprihatinkan.

Menanggapi hal ini, Dinas Pekerjaan Umum Kukar telah merencanakan perbaikan permanen. Semenisasi akan dilakukan pada jembatan tersebut dengan biaya diperkirakan mencapai Rp 13 miliar.

“Kita sudah memiliki rencana pelaksanaan perbaikan fisiknya tahun ini,” ujar Restu Irawan, Kabid Bina Marga DPU Kukar.

Baca  Peningkatan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah di Kutai Kartanegara Melalui SAKIP

Untuk efisiensi anggaran, Dinas Pekerjaan Umum memutuskan untuk memperkuat struktur jembatan yang ada. Membangun jembatan baru dengan panjang yang sama dipastikan akan memakan biaya hingga Rp 25 miliar.

Kontrak perbaikan jembatan diperkirakan akan dimulai pada Mei 2023. Selama proses perbaikan, akses ke jembatan akan ditutup total dan lalu lintas dialihkan ke jalan milik Pertamina Hulu Sangasanga (PHSS).

Baca  Cabuli Gadis 13 Tahun, Pemuda di Kukar Ditangkap Polisi

“Rencananya perbaikan jembatan akan rampung sekitar bulan Oktober atau November,” tutup Restu.

Untuk mengantisipasi kemacetan, DPU Kukar telah mengajukan permintaan kepada PHSS dan Dishub Kukar terkait pengaturan lalu lintas selama proses perbaikan berlangsung. (lin/adv)

Related Articles

Back to top button