Kukar

Sinergi Bangun IKN, Kukar Terima Bantuan Penyusunan RDTR dari Kementerian ATR/BPN RI

Kepala Dinas Pertahanan dan Penataan Ruang Kabupaten Kutai Kartanegara, Setianto Nugroho Aji (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Status Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai mitra dan daerah yang berdampingan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) turut menjadi perhatian pemerintah pusat. Untuk itu, Kukar akan mendapatkan bantuan teknis penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) RI. Yang direalisasikan dalam bentuk Penyepakatan Delineasi dan Penjaringan Isu Pembangunan Berkelanjutan.

Kepala Dinas Pertahanan dan Penataan Ruang (DPPR) Kukar, Setianto Nugroho Aji menjelaskan bahwa Pemkab Kukar telah berdiskusi bersama Kementrian ATR/BPN RI. Dan telah disepakati bahwa pembangunan Kukar sebagai mitra seharusnya bersinergi dengan pembangunan IKN yang berlangsung cepat dan masif.

Baca  PMI Kutai Kartanegara Tingkatkan Pelayanan dengan Teknologi CLIA dan Penambahan Komponen Fresh Frozen Plasma

“Kita menyelaraskan antara daerah mitra dengan wilayah IKN. Kalau dulu konsepnya kita penyangga, seolah-olah kita yang menanggung beban. Jadi rencana pembangunannya harus disinergikan. IKN berkembang, kita juga berkembang,” jelas Aji beberapa saat yang lalu.

Saat ini sudah ada tiga kecamatan yang terhubung langsung dan masuk bagian IKN. Yakni Kecamatan Sangasanga, Muara Jawa dan kawasan Jonggon, Loa Kulu. Aji mengatakan rencana permukiman hingga pembangunan jalan dari Jonggon ke Sepaku, IKN telah diajukan Pemkab Kukar sebagai bagian pembangunan tersinergi. Bantuan ini akan diarahkan Pemkab Kukar untuk penjaringan isu-isu pembangunan, lingkungan, sosial budaya, ekonomi dan infrastruktur.

Baca  DPMD Kukar Torehkan Prestasi 2023 dan Sasar Peningkatan Kualitas Desa di 2024

“Nanti akan dibahas bersama OPD dan pemangku kepentingan terkait setelah idulfitri. Kita ini ingin bisa bersinergi dengan rencana pembangunan IKN, mitra itu maju bersama-sama. Tidak ada pertentangan tata ruang kabupaten dengan mitra. Secara teknis bisa dioperasionalkan dengan tata ruang IKN,” tutup Aji. (tri/nfa/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button