Kaltim

Hujan Intensitas Tinggi Berpotensi Guyur Kalimantan Timur Bagian Barat

Editorialkaltim.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun APT Pranoto Samarinda memperkirakan bahwa sebagian wilayah Kalimantan Timur akan mengalami hujan dengan intensitas menengah hingga tinggi selama periode 11-20 Mei 2024. Menurut BMKG, ada peluang lebih dari 90% bahwa wilayah ini akan menerima curah hujan berkisar 50-150 mm.

Khusus untuk wilayah Kabupaten Mahakam Ulu bagian selatan, intensitas hujan diperkirakan akan lebih tinggi, berkisar 150-300 mm dengan peluang mencapai 60%. Sedangkan secara umum, wilayah Kalimantan Timur diprediksi akan mengalami curah hujan dengan intensitas menengah sekitar 50-150 mm.

Baca  Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik Tekankan Pentingnya Kesamaan Data Antar Daerah untuk Keputusan yang Tepat

Curah hujan yang lebih tinggi, yaitu antara 150 – 300 mm, diperkirakan akan terjadi di bagian barat Kalimantan Timur, termasuk sebagian kecil dari Kabupaten Kutai Barat bagian utara dan sebagian dari Kabupaten Mahakam Ulu bagian selatan.

Prakiraan deterministik sifat hujan untuk wilayah Kalimantan Timur menunjukkan dominasi hujan dengan kategori normal hingga atas normal, yang berkisar antara 85-200%. Namun, wilayah Kabupaten Berau bagian utara, Kota Bontang, Kota Balikpapan, sebagian kecil Kabupaten Kutai Timur bagian Timur, dan sebagian kecil Kabupaten Kutai Kartanegara bagian timur dikecualikan dari prediksi ini.(Adv/roro/diskominfo-kaltim)

Baca  Enam Kali Berturut-turut, Kafilah Kukar Juara Umum MTQ Ke-44 Kaltim 2023

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button