Samarinda

Dana Rp10 Miliar untuk Air Bersih di Samarinda, DPRD Minta Perumdam Tepat Sasaran

Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Kamaruddin. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda telah mengalokasikan dana sebesar Rp10 miliar untuk Perusahaan Air Minum Daerah (Perumdam) Tirta Kencana. Dana tersebut akan digunakan untuk membangun instalasi dan jaringan air baru guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Kamaruddin menyambut baik keputusan tersebut dan berharap dana tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk memasang jaringan air ke seluruh rumah warga yang belum memiliki akses ke air bersih.

Baca  Prihatin Kondisi Bangunan SD 20 Samarinda, Joni: Butuh Perbaikan Total

“Sedikit demi sedikit Perumdam harus memiliki target untuk menyelesaikan persoalan air minum di Samarinda,” ujar Kamaruddin, Kamis (16/02/2023).

Meskipun demikian, dia menyadari bahwa anggaran Rp10 miliar belum cukup untuk memasang jaringan air ke seluruh wilayah Samarinda. Diperlukan anggaran tambahan hingga ratusan miliar untuk memenuhi kebutuhan air bersih di seluruh wilayah kota.

“Dana segitu memang belum cukup untuk melayani keseluruhan, perlu banyak anggaran lagi. Tapi ini perlahan-lahan saja dulu,” ujarnya.

Baca  Komisi IV DPRD Samarinda Dorong Sinergi Pemerintah, Masyarakat, dan Dunia Usaha dalam Pendidikan

Kamaruddin mengungkapkan bahwa masih banyak wilayah di Samarinda yang belum memiliki akses ke air bersih, termasuk di beberapa RT di Kelurahan Sungai Kapih. Dia berharap Perumdam dapat memanfaatkan dana yang diberikan dengan tepat sasaran dan tepat guna agar masyarakat dapat menikmati air bersih secepatnya.

“Misal, RT 03, 04 ,05 dan 11 di Kelurahan Sungai Kapih termasuk di dalamnya. IPA sudah ada tapi pipa sekundernya belum ada sehingga tidak bisa memasang jaringan ke rumah-rumah, dari dana itu sekian RT itu diharapkan dilakukan pemasangan oleh pihak Perumdam,” pungkas Kamaruddin.

Baca  Ahmad Vananzda Minta Kontrol Ketat untuk Pembangunan Guest House dan Homestay di Samarinda

[NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button