Editorial

Bupati Kukar Tetapkan Aturan Kegiatan Masyarakat Selama Ramadhan 2023

(Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait aturan kegiatan masyarakat selama Bulan Suci Ramadhan 1444 H/2023 M. (istimewa).

Editorialkaltim.com – Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait aturan kegiatan masyarakat selama Bulan Suci Ramadhan 1444 H/2023 M. Surat tersebut ditujukan ke berbagai pihak, termasuk Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan pedagang kuliner.

“Masyarakat muslim diharapkan meningkatkan ibadah sosial dan menjaga ketentraman,” kutip dari poin pertama SE tersebut.

Baca  Pemkab Kukar Perketat Pengawasan Distribusi Gas LPG 3 Kg

Surat edaran tersebut menekankan pembatasan aktivitas masyarakat selama pelaksanaan shalat tarawih, dan pengaturan waktu untuk Bergerakan Sahur dan Tadarus. Pemilik restoran dan pedagang kaki lima juga dianjurkan untuk menyesuaikan operasional mereka.

“Bergerakan Sahur dimulai pukul 03.00 WITA, Tadarus dengan pengeras suara luar dibatasi sampai pukul 22.00 WITA,” papar Edi dalam SE tersebut.

Baca  Markas PMI Kukar Diresmikan: Refleksi Kesadaran Kolektif untuk Donor Darah

SE tersebut juga mengatur pembatasan aktivitas makan dan minum di tempat umum selama waktu berpuasa, serta penutupan tempat hiburan musik. Bupati Edi juga menetapkan pembatasan jam operasional untuk arena ketangkasan dan kebugaran.

“Penjualan makanan dan minuman diutamakan dengan cara dibungkus/dibawa pulang,” tambahnya.

Selain itu, Edi juga menghimbau pemilik kos-kosan dan hotel untuk lebih selektif saat menerima tamu. Car Free Day (CFD) selama bulan Ramadhan juga ditiadakan. Seluruh masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Baca  Bupati Edi Damansyah Lantik Adi Sucipto Sebagai Kades PAW Desa Purwajaya

“Seluruh masyarakat dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan menjaga ketertiban,” pesan Edi.

Bupati berharap Surat Edaran ini dapat membantu menjaga kehormatan dan ketertiban masyarakat selama Bulan Suci Ramadhan. (lin/adv)

Related Articles

Back to top button