Kutim

Bahasa Kutai Bakal Masuk Kurikulum SD di Kutim

Kepala Seksi Kurikulum Peserta Didik Pembangunan Karakter dan Penilaian Pembinaan Sekolah Dasar dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim, Moh Syaiful Imron. (Ramlah)

Editorialkaltim.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Timur (Kutim) berencana memasukkan bahasa Kutai ke dalam kurikulum bagi siswa Sekolah Dasar (SD).
Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Kurikulum Peserta Didik Pembangunan Karakter dan Penilaian Pembinaan Sekolah Dasar dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim, Moh Syaiful Imron.

“Dalam proses pengembangan kurikulum atau muatan lokal yang diambil dari SD, kami akan menyertakan pelajaran bahasa Kutai,” ucap Syaiful.

Baca  KUA-PPAS Pemkab Kutim 2024 Disepakati, Berikut Rincian Umumnya

Syaiful menjelaskan bahwa langkah ini merupakan bagian dari upaya pelestarian bahasa daerah Kutim agar tidak punah.

“Kami mengintegrasikan bahasa daerah ini sebagai muatan lokal dalam kurikulum sehingga tidak hanya dipelajari namun juga dilestarikan,” jelasnya.

Ia berharap dengan langkah ini dapat memberikan kontribusi dalam memperkaya pengalaman belajar siswa serta memperkuat identitas budaya lokal di Kutai Timur.

Syaiful mengungkapkan bahwa program kurikulum bahasa Kutai ini telah dipersiapkan selama dua tahun terakhir.

Baca  Pengajian dan Halal Bihalal di Kaubun, Bupati Kutim Ajak Masyarakat Perkuat Persaudaraan

“Ini merupakan proses bertahap dan sejalan dengan implementasi kurikulum merdeka. Tahun lalu, program ini dimulai di kelas 1 dan 4, kemudian kelas 2 dan 5. Untuk tahun ini, kami akan menerapkannya di kelas 3 dan 6,” paparnya.

Syaiful berharap dengan langkah ini dapat memberikan kontribusi dalam memperkaya pengalaman belajar siswa serta memperkuat identitas budaya lokal di Kutai Timur.

Baca  SLB Negeri Kutim Peringati Hari Kartini dengan Gelar Karya P5

“Integrasi bahasa Kutai ke dalam kurikulum SD di Kutim merupakan langkah positif dalam upaya pelestarian bahasa daerah dan penguatan budaya lokal. Diharapkan program ini dapat berjalan dengan sukses dan memberikan manfaat bagi para siswa dan masyarakat Kutim secara luas,” tandasnya. (La/roro/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button