Samarinda

Ahmat Sopian Dorong Ciptakan Lingkungan Sekolah Nyaman untuk Hasil Belajar Maksimal

Anggota Komisi IV DPRD Samarinda, Ahmat Sopian Noor. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Lingkungan sekolah yang nyaman dan sehat memiliki dampak signifikan terhadap semangat belajar siswa. Hal ini menjadi fokus Ahmat Sopian Noor, Anggota Komisi IV DPRD Samarinda, dalam mendorong lembaga pendidikan menciptakan suasana yang menarik bagi para pelajar.

Dia mengatakan, Komisi IV menekankan Dinas Pendidikan Samarinda, agar sekolah menjadi lingkungan ramah anak. Dengan begitu, siswa dapat berkonsentrasi belajar dengan nyaman dan baik.

Baca  Samarinda Raih Penghargaan Adipura, Andi Harun: Kita Bisa Lebih dari Itu

“Ramah lingkungan sekolah harus diciptakan antara siswa dan siswa, guru dan siswa, bahkan guru dengan guru,” ujar Sopian, Kamis (30/3/2023).

Guru adalah sosok penting dalam pendidikan dan harus memiliki kemampuan dalam mendidik dan membangun karakter anak. Politikus Golkar itu menegaskan, jika ada oknum yang melakukan kekerasan di sekolah, harus diberikan sanksi juga dipecat bahkan ditindak tegas secara hukum.

Baca  Abdul Rofik: Pemerintah Harus Serius Bantu UMKM

“Guru harus mengedukasi dan menjadi teladan yang baik bagi siswanya, sehingga siswa merasa terlindungi tanpa tekanan dari lingkungan sekolah,” ujarnya.

Kendati demikian, dia juga menegaskan, guru yang berprestasi harus diberikan penghargaan tinggi, baik prestasi akademik maupun non-akademik. Prestasi tersebut dapat diukur dari hasil pembelajaran siswa yang lebih baik, kreativitas dalam pembelajaran, pengembangan karakter siswa, atau bahkan keterlibatan dalam kegiatan sosial.

Baca  Guntur Sebut Samarinda Seberang Layak Jadi DOB

“Biar adil. Penting juga untuk mendidik karakter siswa agar mereka memiliki adab sopan santun yang mulia,” pungkasnya.

[NFA-2]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button