Samarinda

Ketua Dewan Jelaskan Fungsi Legislatif dalam Penyusunan APBD ke Mahasiswa Unmul

Ketua DPRD Samarinda, Sugiyono. (Istimewa)

 Editorialkaltim.com – Agenda pertemuan dengan sejumlah perwakilan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Mulawarman, baru saja dihadiri oleh sejumlah perwakilan DPRD Kota Samarinda. Pertemuan ini berlangsung di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD Samarinda, Jalan Basuki Rahmat, Selasa (23/5/2023).

Beberapa anggota dewan pun tampak hadir, dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Samarinda Sugiyono. Sebagai pimpinan rapat, Politikus PDIP ini pun menyampaikan beberapa penjelasan seputar penyusunan APBD Samarinda. Sebab pertemuan kala itu fokus membahas tentang pengelolaan APBD dan kebijakan ekonomi publik di Samarinda.

Baca  Wakil Ketua DPRD Samarinda Subandi Hadiri Fun Bike Road to IKN 

“Tadi sudah kami jelaskan juga bahwa fungsi DPRD itu banyak, salah satunya ada hak untuk budgeting, kontrol dan tentunya menjadi penyeimbang kerja-kerja eksekutif,” ujar Sugiyono.

Dia mengakui sebelum mengesahkan APBD menjadi dokumen dalamm bentuk peraturan daerah (perda), tentunya ada pembahasan terlebih dahulu dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Sedangkan dari DPRD diwakilkan oleh Badan Anggaran (Banggar) Kota Sarinda.

Baca  Jelang Pemilu Serentak, Abdul Rohim Minta Penertiban Tak Hanya Fokus ke Algaka 

“Sehingga hal inilah yang perlu diketahui oleh adik-adik mahasiswa yang datang, bahwa penyusunan APBD itu tidak bisa hanya dirumuskan oleh eksektufi, namun juga perlu melibatkan dewan untuk sama-sama menyatukan persepsi,” jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut, ia juga turut mempersilahkan kepada beberapa perwakilan mahasiswa untuk bertanya langsung tentang seputar APBD, maupun tentang kebijakan ekononomi publik lainnya. Sehingga dari pertemuan tersebut, sebagian mahasiswa juga dapat memberikan masukan langsung kepada sejumlah anggota dewan yang hadir.

Baca  Optimalkan Program JKN, BPJS Kesehatan Samarinda Perkuat Kerja Sama dengan Kejaksaan Negeri

“Ya tentu ini juga menjadi masukan bagi kami untuk disampaikan kepada pemerintah. Kami pun berharap masukan dari adik-adik mahasiswa ini bisa memberikan kritikan yang membangun demi memajukan kota kita ini,” demikian Sugiyono.

[NFA-1 | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button