Bontang

DPRD Bontang Luncurkan Smart Data untuk Transformasi Digital

Sekretaris DPRD Bontang, Yessy Waspo Prasetyo

Editorialkaltim.com – DPRD Bontang meluncurkan aplikasi “Smart Data” sebagai langkah konkret dalam percepatan transformasi digital di Kota Bontang pada Kamis (26/9/2024). Peluncuran ini menjadi tonggak penting dalam meningkatkan layanan digital di tingkat legislatif.

Inisiatif ini merupakan respons langsung terhadap Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2023 tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional, serta Peraturan Walikota Bontang Nomor 2 Tahun 2024 tentang Satu Data Kota Bontang. Smart Data bertujuan untuk mengintegrasikan dan memadukan data secara digital untuk mempermudah akses dan meningkatkan efisiensi penggunaan data.

Baca  Perbedaan Waktu Pensiun Guru Swasta dan Negeri di Bontang Disoroti DPRD

Sekretaris DPRD Bontang, Yessy Waspo Prasetyo, melalui Taufiqurrahman, Kabag Risalah dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD, menjelaskan, “Smart Data dirancang untuk mempercepat dan mempermudah proses administrasi di Sekretariat DPRD, dari yang sebelumnya manual menjadi digital, sehingga keputusan yang diambil berdasarkan data yang lebih akurat dan terpercaya.”

Dalam implementasinya, Smart Data DPRD akan memudahkan pencarian data, menghindari kehilangan informasi, dan mendukung pengambilan keputusan strategis yang berbasis evidensi. Program ini juga bertujuan untuk menghemat anggaran dengan mengurangi penggunaan kertas.

Baca  Warga Keluhkan Bau Limbah Mall di Bontang

Taufiqurrahman menambahkan, “Selain itu, aplikasi ini akan membantu dalam menyusun rencana kerja yang lebih efektif dan memastikan alokasi anggaran pokok pikiran sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.”

Saat ini, Smart Data DPRD baru dapat diakses oleh Admin, Unit Kearsipan, dan Unit Pengelola Kearsipan, namun akan segera dikembangkan sehingga dapat terintegrasi dengan E-Arsip Kota Bontang dan diakses oleh masyarakat luas.

Baca  Antisipasi Konflik, DPRD Bontang Akan Bertemu Manajemen BCM Terkait Limbah

“Kami berharap Smart Data ini dapat meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan DPRD dan memperkuat citra institusi ini,” pungkas Taufiqurrahman. (lia/adv)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button